PENGARUH SELF – MANAGEMENT DAN SELF – EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM PASCASARJANA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) KERINCI

Submitted by admin on Thu, 04/25/2024 - 10:35
Deskripsi/Abstract
Motivasi belajar merupakan kondisi psikis yang mendorong seseorang untuk melakukan aktivitas belajar atau mencapai tujuan yang diinginkan. Dari motivasi tersebut akan medorong seseorang mahasiswa untuk terus semangat mencapai yang diinginkan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya motivasi belajar yang mana hal tersebut dipengaruhi oleh tingkat kesadaran dan tugas pokoknya sebagai mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Self – Management dan Self – Efficacy Terhadap Motivasi Belajar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah tenik probality sampling. Dimana sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa pascasarjana PAI dan HKI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci yaitu 83 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesiner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya dari nilai motivasi belajar (Y), variabel self – management dan self – efficacy dinyatakan konstan dengan nilai motivasi belajar sebesar 44.220. Sehingga diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif antara self – management (X1) dan self – efficacy (X2) terhadap motivasi belajar (Y).
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis