PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TENTANG SITUS KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN HASIBELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII DI MTsN 4 KERINC

Submitted by admin on Fri, 01/19/2024 - 09:41
Deskripsi/Abstract
Pengaruh merupakan suatu daya atau kekuatan yang timbul dari sesuatu, baik orang ataupun benda sehingga mempengaruhi apa-apa saja yang ada di sekitarnya. Dalam hal ini, pengaruh yang dimaksud adalah tentang situs keagamaan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Situs keagamaan adalah situs-situs web yang berisi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sementara hasil belajar adalah hasil dari usaha selama mengikuti proses pembelajaran atau tahap kesuksesan peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran di sekolah, yang dinyatakan dalam bentuk angka yang diperoleh dari hasil ujian mengenai beberapa materi pelajaran tertentu. Adapun rumusan masalahnya adalah: 1). Bagaimanakah pemanfaatan internet situs www.imankepadarasulrasulallah.com, www.berkompetensidalamkebaikan.com, situs dan situs ngaji yuk www.elhoda.net di MTsN 4 Kerinci, 2). Bagaimanakah hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN 4 Kerinci, 3). Bagaimanakah pengaruh pemanfaatan internet dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di MTsN 4 Kerinci. Penelitian ini bertujuan a). Untuk mengetahui pemanfaatan internet di MTsN 4 Kerinci, b). Untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam di MTsN 4 Kerinci, c). Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan internet dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 4 Kerinci. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Angket disebarkan kepada siswa kelas VIII MTsN 4 Kerinci. Dokumentasi dilaksanakan pada saat penyebaran angket oleh peneliti dan pengisian angket oleh siswa. Dari hasil penelitian, guru Pendidikan Agama Islam memanfaatkan internet situs keagamaan dengan cara menampilkan video dengan infocus, misalnya video animasi yang menarik bagi siswa tentang belajar berwudhu yang benar, tata cara sholat jenazah. Kemudian, dengan membuka situs keagamaan www.elhoda.net untuk mengajarkan kaidah tajwid kepada siswa. Selanjutnya. Adapun kendala guru untuk menerapkan pemanfaatan internet adalah jaringan wifi yang tidak selalu stabil ketika digunakan oleh banyak orang. untuk guru senior, penggunaan internet masih berikisar pada dasarnya karna tidak terlalu memahami kinerja teknologi canggih. Terakhir, hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa MTsN 4 Kerinci dengan rata-rata 65.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi