Permasalahannya : Masih banyak ditemukan siswa yang rendah dan kurangnya tahu melafazkan ayat-ayat Al-qur’an dengan tajwid yang baik dan benar. Devinisinya adalah pemahaman tajwid panjang pendek dan makrojnya belum baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) pada Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan beberapa informasi yang dikumpulkan di lapangan,selanjutnya data tersebut dideskripsikan pada analisis penelitian dalam penelitian ini peneliti mencoba mengungkapkan masalah yang ada berkaitan dengan Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Tajwid Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Mas Koto Rendah. Adapun metode yang digunakan adalah metode demonstrasi,hasil penelitian diperoleh bahwa siswa sekarang bisa mulai mengetahui bacaan ayat Al-qur’an panjang,pendek dalam ilmu tajwid dengan baik.