PENGEMBANGAN MODUL SIKAP HIDUP BERFOYA-FOYA BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK KELAS X SMAN 7 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 09:14
Deskripsi/Abstract
Materi sikap hidup berfoya-foya merupakan materi kelas X yang di pelajari pada kurikulum merdeka. Pada pelajaran pendidikan agama islam banyak konsep-konsep yang harus kita pelajari yang memiliki manfaat bagi kehidapan kita sehari-hari dan juga terdapat miskonsepsi pada materi sikap hidup berfoya-foya sehingga menyebabkan pemahaman peserta didik rendah. Selain itu, kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik juga disebabkan karena belum tersedianya bahan ajar berupa modul.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul sikap hidup berfoya-foya berbasis guided discovery learning untuk kelas X SMA serta menentukan tingkat validitas dan praktikalitas. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Model ini terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research, prototyping stage, dan assessment phase.Uji validitas modul dilakukan oleh dua orang dosen Pendidikan Agama Islam IAIN Kerinci dan 2 orang guru Pendidikan Agama Islam SMAN 7 Kerinci menggunakan angket validitas. Uji praktikalitas dilakukan oleh dua orang guru Pendidikan Agama Islam dan 26 peserta didik SMAN 7 Kerinci menggunakan angket praktikalitas. Angket validitas dan praktikalitas dianalisis dengan rumus Kappa Cohen (k). Hasil analisis validitas dengan rata-rata skor momen kappa adalah 0,89 dengan kategori sangat tinggi. Hasil praktikalitas diperoleh dari tiga tahap yaitu tahap uji one to one evaluation, small group, dan field test (respon guru dan siswa). Analisis data pada uji small group diperoleh nilai momen kappa yaitu 0,88 dengan kategori sangat tinggi. Pada field test menunjukkan rata-rata momen kappa terhadap respon guru dan peserta didik masing-masing yaitu 0,93 dan 0,82 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul sikap hidup berfoya-foya berbasis guided discovery learning untuk kelas X SMA telah valid dan praktis
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis