Membangun karakter rasa tahu siswa diperlukan sistem pengajaran yang baik, diantaranya pemilihan dan penerapan metode yang tepat. Salah satu metode pembelajaran tersebut adalah metode Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui: (1) Karakter rasa ingin tahu siswa melalui Problem Based Learning dan (2) Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan Problem Based Learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 21 Kerinci khususnya pada materi Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method (metode campuran). Dengan informan penelitian adalah guru IPA dan siswa kelas VIIA. Instrumen penelitian ini adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator keinginan untuk kategori kuat untuk mengetahui sesuatu diperoleh persentase sebesar 73,19% dengan kategori kuat. Indikator sikap yang kuat untuk mengetahui sesuatu diperoleh persentase sebesar 66,67% dengan kategori sedang. Sedangkan indikator tertarik pada hal baru dengan diperoleh persentase sebesar 70,65% dengan kategori kuat