Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilakukan karena Mahasiswa yang berlatar belakang
broken home memiliki kriteria permasalahan yang berbeda-beda hal ini
dibuktikan pada keluarga mahasiswa broken home tersebut menyangkut pada
perekonomian keluarga, dan unsurperbedaan pendapat dari kedua belah pihak
orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Belajar
Mahasiswa Broken Home (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan
Agama Islam (PAI) IAIN Kerinci).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan kunci
dalam penelitian ini adalah Dosen dan mahasiswa yang terkait dengan
permasalahan penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan,
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari Reduksi
Data, Data Display dan Verifikasi dan Penarikan Kesimpulan. Teknik
Keabsahan Data menggunakan Teknik triangulasi sumber (data) dan
triangulasi metode untuk menguji keabsahan data yang berhubungan dengan
masalah penelitian yang diteliti oleh peneliti.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa minat belajar mahasiswa yang
rendah konsentrasi mahasiswa dari keluarga broken home dipengaruhi oleh
kondisi rumah tangga yang tidak stabil. Mahasiswa dengan minat sedang
dapat meningkatkan konsentrasi belajar mereka melalui strategi manajemen
waktu, pembagian tugas, dan pengaturan lingkungan belajar yang tenang dan
terstruktur. Mahasiswa dengan minat tinggi cenderung memiliki kemampuan
yang lebih baik dalam mempertahankan konsentrasi dan fokus selama proses
pembelajaran. Mereka mungkin lebih disiplin dan terorganisir dalam
pendekatan belajar mereka. Dampak positif dari keluarga broken home
terhadap minat belajar mencakup peningkatan motivasi untuk meraih
kesuksesan sebagai bentuk perlawanan terhadap kondisi sulit yang dihadapi.
Mahasiswa mungkin mengembangkan ketahanan mental dan semangat juang
yang kuat, memungkinkan mereka untuk fokus dan berprestasi dalam
lingkungan akademik. Dampak negatif dari keluarga broken home terhadap
minat belajar juga signifikan. Faktor-faktor seperti ketidakstabilan emosional,
kurangnya dukungan keluarga, atau konflik rumah tangga dapat memengaruhi
konsentrasi, motivasi, dan fokus belajar mahasiswa. Hal ini dapat
mengakibatkan penurunan minat belajar, kecenderungan untuk menyerah di
tengah jalan, atau bahkan masalah emosional yang dapat mengganggu proses
pembelajaran
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI FIKA APRIYENTI.pdf2.93 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.