STRATEGI GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTSN 02 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Mon, 04/29/2024 - 15:24
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di MTSn 02 Sungai Penuh, Yaitu masih terdapat ketidak sinkronan antara idealitas dan realitas sejauh ini masih (kurang maksimal) artinya realisasi pembelajaran dikelas kurang kondusif sehingga mengakibatkan tujuan pembelajaran belum dapat tercapai secara maksimal.Sehingga perlu diperhatikan strategi guru dalam menerapkan metode Aktive Learning di kelas. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan melihat kejadian dilapangan dan diolah datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk mengetahui fakta yang terjadi dilapangan. Teknik analisis data yang di gunakan dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu cara penentuan informan yang ditetapkan secara sengaja atas dasar kriteria atau pertimbangan tertentu Hasil penelitian yang didapatkan diperoleh bahwa dengan adanya strategi guru dalam menerapkan metode aktive learning pada pembelajaran aqidah akhlak dapat membuat siswa menghayati, dan mudah memahami keseluruhan materi yang diajarkan, siswa berani dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi pembelajaran, memiliki keberanian dalam menanggapi pendapat teman, siswa terlatih dalam mencari sumber belajar sendiri membuat pengetahuan siswa akan lebih luas, memperkaya pengetahuan serta meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar, sehingga siswa mampu mencari solusi dalam memecahkan masalah dalam diskusi.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis