Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di MTSn 02 Sungai
Penuh, Yaitu masih terdapat ketidak sinkronan antara idealitas dan realitas sejauh ini
masih (kurang maksimal) artinya realisasi pembelajaran dikelas kurang kondusif sehingga
mengakibatkan tujuan pembelajaran belum dapat tercapai secara maksimal.Sehingga
perlu diperhatikan strategi guru dalam menerapkan metode Aktive Learning di kelas.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan melihat kejadian
dilapangan dan diolah datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi,
untuk mengetahui fakta yang terjadi dilapangan. Teknik analisis data yang di gunakan
dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Informan
dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu cara penentuan
informan yang ditetapkan secara sengaja atas dasar kriteria atau pertimbangan tertentu
Hasil penelitian yang didapatkan diperoleh bahwa dengan adanya strategi guru dalam
menerapkan metode aktive learning pada pembelajaran aqidah akhlak dapat membuat
siswa menghayati, dan mudah memahami keseluruhan materi yang diajarkan, siswa
berani dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi pembelajaran, memiliki keberanian
dalam menanggapi pendapat teman, siswa terlatih dalam mencari sumber belajar sendiri
membuat pengetahuan siswa akan lebih luas, memperkaya pengetahuan serta
meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar, sehingga siswa mampu mencari solusi
dalam memecahkan masalah dalam diskusi.
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI SINTIA GUSTINA.pdf2.02 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.