Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa, serta penerapan metode demonstrasi dapat mempengaruhi keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi-experimental design. Hasil penelitian yang diperoleh menggunakan uji non parametrik dengan uji mann whitney yaitu terdapat pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dengan hasil uji t yang telah dilakukan, dimana nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yang diperoleh sebesar 0,000, nilai tersebut lebih kecil dari pada nilai signifikan yang telah ditetapkan yaitu 0,05 dan terjadi peningkatan keakifan dan hasil belajar siswa dibuktikan dari nilai N-Gain, dimana nilai mean N-gain score kelas eksperimen yang di peroleh sebesar 0,7535, sedangkan nilai mean N-gain score kelas kontrol yang diperoleh yaitu 0,4554.