Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang menunjukkan sikap- sikap serta tingkah laku yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) Emotional Intelligence Siswa, 2) Self Control Siswa, 3) Hubungan Emotional Intelligence dengan Self Control Siswa di SMP Negeri 24 Kerinci. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 24 Kerinci yang berjumlah 78 orang. Untuk mendiskripsikan data Emotional Intelligence Siswa dan Self Control siswa dihitung dengan menggunakan skor ideal, sedangkan untuk pengujian hipotesis untuk melihat Hubungan Antara Emotional Intelligence dengan Self Control Siswa di SMP Negeri 24 Kerinci menggunakan Pearson Product Moment Correlation dengan bantuan program statistik SPSS versi 20.00 for windows. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa: 1) Tingkat Emotional Intelligence siswa rata-rata berada pada kategori sedang, 2) Self Control siswa berada pada kategori sedang, dan 3) Hubungan Emotional Intelligence dengan self control Siswa di SMP Negeri 24 Kerinci dengan 𝑟ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 0,365 > 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 0,232 dengan taraf signifikan 0,01 (sig<0,05). Artinya semakin tinggi tingkat Emotional Intelligence siswa maka semakin tinggi self control siswa, sebaliknya semakin rendah tingkat Emotional Intelligence siswa maka semakin rendah self control siswa. Terdapat hubungan yang signifikan antara Emotional Intelligence dengan self control siswa di SMP Negeri 24 Kerinci.