Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Fiqih dijenjang MTs di Pondok Pesantren Al-Kahfi Kalam Madani Kerinci. Tujuan dari penelitian ini ialah; (1) Untuk mengetahui tahapan-tahapan strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) di Pondok Pesantren Al-Kahfi Kalam Madani Kerinci. (2) Untuk mengungkap partisipasi siswa terhadap penerapan Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) Pada Mata Pelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Al-Kahfi Kalam Madani. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tahapan-tahapan strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) yaitu orientasi, penyajian, latihan terstruktur, latihan terbimbing, dan latihan mandiri. (2) Partisipasi siswa terhadap Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) pada mata pelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Al-Kahfi Kalam Madani Kerinci kurang baik, dibuktikan dengan siswa yang sering tidak memperhatikan saat guru menyampaikan materi pelajaran, siswa yang sering mengobrol dengan teman saat pelajaran sedang berlangsung, kurangnya keaktifan siswa untuk bertanya maupun menyampaikan pendapat, kurang terjadinya diskusi antara guru dan murid, dan kurangnya antusias siswa dalam mengerjakan tugas.