Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Fiqih
dijenjang MTs di Pondok Pesantren Al-Kahfi Kalam Madani Kerinci. Tujuan dari
penelitian ini ialah; (1) Untuk mengetahui tahapan-tahapan strategi Belajar Tuntas
(Mastery Learning) di Pondok Pesantren Al-Kahfi Kalam Madani Kerinci. (2)
Untuk mengungkap partisipasi siswa terhadap penerapan Strategi Belajar Tuntas
(Mastery Learning) Pada Mata Pelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Al-Kahfi
Kalam Madani.
Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi, dengan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: (1) Tahapan-tahapan strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) yaitu
orientasi, penyajian, latihan terstruktur, latihan terbimbing, dan latihan mandiri.
(2) Partisipasi siswa terhadap Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) pada
mata pelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Al-Kahfi Kalam Madani Kerinci kurang
baik, dibuktikan dengan siswa yang sering tidak memperhatikan saat guru
menyampaikan materi pelajaran, siswa yang sering mengobrol dengan teman saat
pelajaran sedang berlangsung, kurangnya keaktifan siswa untuk bertanya maupun
menyampaikan pendapat, kurang terjadinya diskusi antara guru dan murid, dan
kurangnya antusias siswa dalam mengerjakan tugas.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.