PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 9 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 09:41
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah yaitu kinerja guru yang belum maksimal, seperti : masih terdapat sebagian guru yang tidak membuat RPP, datang pada saat jam mengajar saja, masih ada sebagian guru yang belum dapat mengkondisikan keadaan kelas, terdapat sebagian guru yang belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, masih terdapat beberapa guru mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki. Hal tersebut dipengaruhi oleh tingkat kesadaran, tugas pokok sebagai seorang guru dan kurangnya perhatian dari kepala sekolah. Diantara cara menghasilkan kinerja guru yang baik adalah dengan seorang guru harus memiliki kecerdasan emosional, selain itu peran kepemimpinan kepala sekolah juga harus diperhatikan untuk menghasilkan kinerja guru yang maksimal. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru, (2) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (3) pengaruh kecerdasan emosional dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang disebarkan melalui google form. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampel. Hasil penelitian membuktikan bahwa kecerdasan emosional (X1) memiliki pengaruh terhadap kinerja guru (Y) dengan menggunakan uji regresi linear sederhana diketahui nilai F hitung sebesar 39,250 dengan tingkat nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berikutnya hasil penelitian membuktikan bahwa kepemimpinan kepala sekolah (X2) memiliki pengaruh terhadap kinerja guru (Y) dengan hasil nilai F hitung sebesar 41,239 dengan tingkat nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dan hasil penelitian membuktikan bahwa kecerdasan emosional (X1) dan kepemimpinan kepala sekolah (X2) memiliki pengaruh terhadap kinerja guru (Y). variabel kecerdasan emosional (X1), kepemimpinan kepala sekolah (X2), dan kinerja guru (Y) dinyatakan valid dan reliabel, dengan pengolahan data model regresi linier berganda sebagai berikut: Y= 57,424 + 2,242X1 + 1,338X2. Sehingga didapatkan bahwa variabel bebas kecerdasan emosional (X1) dan kepemimpinan kepala sekolah (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu kinerja guru (Y). Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) menjelaskan bahwa sebesar 65,5% variabilitas kinerja guru yang terjadi dapat dijelaskan dengan menggunakan variabel kecerdasan emosional dan kepemimpinan kepala sekolah, sedangkan sisanya 34,5% dijelaskan oleh faktor-faktor dari luar
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis