PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA DI SMP AT-THAYYIBAH SEMURUP

Submitted by admin on Wed, 02/23/2022 - 10:18
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlaqul karimah siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP At-Thayyibah Semurup Kecamatan Air Hangat Barat Kabupaten Kerinci Tahun Ajaran 2020-2021. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peran guru pendidikan agama Islam dalam Pembinaan Akhlaqul Karimah Siswa SMP At-Thayyibah Semurup yaitu : (1). Bentuk-bentuk Al-akhlaqul Karimah yang ditanamkan pada peserta didik di SMP At-Thayyibah Semurup diantaranya adalah disiplin, bersikap benar, sabar, jujur, ramah tamah, murah hati, mengutamakan yang lebih membutuhkan/suka menolong, berani, rendah hati dan lemah lembut. Pada tingkah jenjang pendidikan menengah inilah peserta didik sangatlah perlu ditanamkan nilai-nilai Al-Akhlaqul Karimah supaya ketika mereka beranjak dewasa nilai-nilai akhlak sudah menjadi sifat atau karakter, karena mereka telah terbiasa melaksanakannya bahkan sampai mendarah daging pada diri peserta didik. (2). Faktor pendukung dan Penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlaqul Karimah Siswa SMP At-Thayyibah Semurup, faktor pendukung terdiri atas: Kerjasama dari para guru, Adanya tata tertib Sekolah yang dilaksanakan secara konsisten, Adanya pelajaran-pelajaran kitab Salaf (Muatan Lokal) yang berhubungan dengan pendidikan akhlak. Sedangkan faktor penghambat guru dalam membina akhlaqul karimah siswa SMP At-Thayyibah Semurup adalah: Masih banyak orang tua yang belum bersungguh-sungguh dalam memperhatikan akhlak anaknya, lingkungan pergaulan siswa diluar Sekolah, Terbatasnya pengawasan guru.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi