Deskripsi/Abstract
Integrasi teknologi dalam pembelajaran menjadi tantangan pendidikan
era digital saat ini, sehingga perlu inovasi agar proses kontruktivitas
kognitif siswa lebih optimal. Penelitian pengembangan ini bertujuan
untuk menghasilkan media edutaiment berupa video game “Number
Game” berbasis teknologi mobile yang berkualitas dengan memenuhi
indikator kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan ditinjau dari
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Model ADDIE
digunakan meliputi tahap analisis mencakup; analisis kebutuhan,
analisis kurikulum, analisis peserta didik, tahap desain; menyusun
evaluasi formatif desain, dan menghasilkan strategi pengujian, tahap
pengembangan meliputi; one-to-one trial dan small group trial, tahap
implementasi, dan tahap evaluasi mencakup validasi ahli dan
penilaian siswa dan guru. Game mobile telah diimplentasikan kepada
siswa kelas VII SMP yang terdiri dari 34 siswa. Instrumen penelitian
terdiri dari lembar validasi media dan materi, angket praktikalitas guru
dan siswa, dan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa media edutainment “Number Game”
yang dikembangkan valid dengan rerata skor validasi media yaitu 4,49
(5) dengan klasifikasi sangat baik dan rerata skor validasi materi yaitu
4,17 (5) dengan klasifikasi baik. Game “Number Game” yang
dikembangkan praktis dengan rerata skor angket respon guru yaitu
3,75 (5) dengan klasifikasi baik, rerata skor angket respon siswa yaitu
3,35 (5) dengan klasifikasi baik, dan rerata persentase keterlaksanaan
pembelajaran yaitu 93,51% dengan kategori sangat baik. Game
“Number Game” yang dikembangkan efektif ditinjau dari kemampuan
pemahaman konsep siswa dengan persentase ketuntasan belajar
mencapai 67,64 dengan klasifikasi efektif. Pengembangan game
edukasi ini telah layak digunakan dalam pembelajaran.
Koleksi
Subject
Files
Laswadi.pdf1.54 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.