Integrasi teknologi dalam pembelajaran menjadi tantangan pendidikan era digital saat ini, sehingga perlu inovasi agar proses kontruktivitas kognitif siswa lebih optimal. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media edutaiment berupa video game “Number Game” berbasis teknologi mobile yang berkualitas dengan memenuhi indikator kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Model ADDIE digunakan meliputi tahap analisis mencakup; analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis peserta didik, tahap desain; menyusun evaluasi formatif desain, dan menghasilkan strategi pengujian, tahap pengembangan meliputi; one-to-one trial dan small group trial, tahap implementasi, dan tahap evaluasi mencakup validasi ahli dan penilaian siswa dan guru. Game mobile telah diimplentasikan kepada siswa kelas VII SMP yang terdiri dari 34 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi media dan materi, angket praktikalitas guru dan siswa, dan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media edutainment “Number Game” yang dikembangkan valid dengan rerata skor validasi media yaitu 4,49 (5) dengan klasifikasi sangat baik dan rerata skor validasi materi yaitu 4,17 (5) dengan klasifikasi baik. Game “Number Game” yang dikembangkan praktis dengan rerata skor angket respon guru yaitu 3,75 (5) dengan klasifikasi baik, rerata skor angket respon siswa yaitu 3,35 (5) dengan klasifikasi baik, dan rerata persentase keterlaksanaan pembelajaran yaitu 93,51% dengan kategori sangat baik. Game “Number Game” yang dikembangkan efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep siswa dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 67,64 dengan klasifikasi efektif. Pengembangan game edukasi ini telah layak digunakan dalam pembelajaran.