PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PASCA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 5 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Mon, 01/29/2024 - 12:21
Deskripsi/Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kembali keaktifan belajar siswa pasca pembelajaran daring yang menurun. Keaktifan adalah kegiatan belajar yang bersifat fisik maupun mental, yaitu dengan cara berbuat dan berfikir sebagai suatu rangkaian yang tidak dapat di pisahkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah mendeskripsikan atau menganalisis suatu penelitian yang menekankan pada pemahaman masalah-masalah sosial berdasarkan kondisi nyata yang kompleks dan rinci, baik individu maupun kelompok. Adapun yang menjadi subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, 4 orang guru PAI dan 6 orang siswa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) Proses belajaran daring tidak berjalan efektif di SMA N 5 Sungai Penuh karena ketidak mampuan siswa dan juga guru untuk melakukan pembelajaran daring. Selain itu, kualitas internet di desa letak SMA 5 Sungai Penuh juga sangat buruk. Sehingga pihak sekolah memutuskan memberlakukan belajar di rumah dengan memberikan tugas kepada peserta didik yang harus dikerjakan. Hal tersebut menyebabkan menurunya keaktifan belajar siswa pada saat daring berlangsung. (2) Peningkatan keaktifan pasca pembelajaran daring sangat meningkat karena mereka lebih lelusa untuk bertanya kepada guru apa yang tidak diketahuinya berbeda dengan pada saat daring berlangsung, dan (3) Solusi untuk meingkatkan keaktifan belajar siswa adalah dengan menyediakan bahan ajar yang memadai untuk siswa belajar disekolah dan dirumah. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peneliti dapat menyimpulkan mengenai Peningkatan keaktifan belajar siswa pasca pembelajaran daring sudah sangat mengalami peningkatan karena didalam proses pembelajaran daring yang beralih menjadi pembelajaran pasca daring membuat siswa didalam proses pembelajaran siswa menjadi lebih leluasa dalam belajar karena dalam proses belajar mereka bisa berinteraksi dengan teman-temanya,dan juga mereka mampu merespon pembelajaran dengan baik dengan guru yang mengajar pada saat pembelajaran berlangsung siswa sudah mampu mempersentasikan hasil belajarnya didepan kelas pada saat proses pembelajaran pasca daring.

Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor https://pa-barru.go.id/kasus/ https://sman53jkt.sch.id/53/ https://pta-padang.go.id/po-includes/js/elid/?PTAP=Slot%20Gacor https://mi.pta-padang.go.id/sekuritas/?mitigasi=Mawartoto https://conceitho.com/pela/?sobre=Slot%20Gacor https://yjhallalathur.com/auditorium/?arapuzha=Slot%20Gacor https://www.lorencini.com.br/ole/ https://multcont.com/ https://ojs.uscnd.ac.id/ https://mail.pta-padang.go.id/public/ https://lpm.uscnd.ac.id/ https://yastisgl.or.id/?yasglid=Slot%20Gacor https://empower.vn247.org/newapp/Slot%20Gacor/ https://demo2.uscnd.ac.id/Slot%20Gacor/ https://smksriwijayawangon.sch.id/data/Slot%20Gacor/ Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor

Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis