Deskripsi/Abstract
Dalam proses pembelajaran nilai tidak dilihat berdasarkan kemampuan akademik
siswa saja, tetapi juga berdasarkan sikap dan tingkah laku siswa saat belajar. Dalam
hal ini pembelajaran PAI hendaknya dapat mengubah pengetahuan atau ilmu yang
siswa dapatkan itu menjadi tingkah laku dan bagaimana cara siswa menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari.Untuk itu permasalahan penelitian ini membahas tentang
kegiatan untuk mengetahui Upaya Guru Dalam Meningkatkan Adab Belajar Siswa
Pada Pembelajaran PAI Di SMPN 34 Kerinci baik di dalam kelas maupun di luar
kelas.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi.Penelitian ini menghasilkan pentingnya adab siswa dalam belajar yaitu
1) menggunakan metode pembiasaan, 2) Menggunakan metode keteladanan, 3)
menggunakan metode pemberian nasehat, 4) menciptakan lingkungan yang agamis,
5) membangun kerja sama dengan pihak terkait.Hasil penelitian menunjukkan siswa
diajarkan tentang adab dengan cara guru memberikan contoh kepada siswa. Sehingga
siswa dapat menerapkan segala adab-adab yang diajarkan oleh gurunya.Dalam upaya yang dilakukan pihak sekolah dan guru
juga mewajibkan siswa untuk membaca Alquran sebelum memulai pelajaran, selain itu
juga siswa wajib mengikuti kegiatan keagamaan yang telah terjadwalkan di
sekolah.Adapun faktor penghambat dan faktor pendukung yaitu dari faktor kebijakan
sekolah itu sendiri dan lingkungan sekolah juga menjadi faktor penentu berhasil atau
tidaknya adab diajarkan kepada peserta didik serta lingkungan tempat tinggal siswa.
Koleksi
Subject
Files
Skripsi Elma Zara.pdf3.44 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.