Santri terlihat berperilaku kurang baik seperti rendahnya disiplin ketika masuknya jam belajar, sering melalaikan waktu Sholat asar, rendahnya disiplin saling menghargai dan menghormati. Hal itu terbukti ketika penulisan melakukan observasi awal Rumah Tahfiz Darul Qur’an Hiang Karya terlihat adanya para santriyang masih berada diwarung-warung, sedangkan proses pembelajaran telah di mulai di ruang belajar, itu menunjukkan kurang efektifnya proses penegakan kedisiplinan di Rumah Tahfiz Darul Qur’an Hiang Karya. Selain itu motivasi dari guru juga kurang serta guru yang akan ditiru atau berkarisma juga susah didapatkan. Persoalan tersebut seyogyanya tidak harus terjadi, lalu kenapa masih juga terjadi pada lembagalembaga agama yang selalu belajar tentang agama dan akhlak-akhlak mulia Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Ingin Mengetahui Bentuk karisma Guru di Rumah Tahfiz Darul Qur’an Desa Hiang Karya (2) Ingin Mengetahui Motivasi siswa dalam belajar di Rumah Tahfiz Darul Qur’an Desa Hiang Karya (3) Ingin Mengetahui Peran Karisma guru dalam memberikan motivasi belajar kepada santri di Rumah Tahfiz Darul Qur’an Desa Hiang Karya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah orang-orang yang berkompeten yang berada pada tempat penelitian yaitu utama dalam penelitian ini, yaitu Guru dan Santri Rumah Tahfiz Darul Qur’an Hiang Karya. Adapun hasil penelitian (1) Santri merasa nyaman mengaji di Rumah Tahfiz Darul Qu’an Hiang Karya, bukan hanya karena suasana lingkungannya yang sejuk dan indah, namun juga karena sebagian para guru yang menunjukkan karisma yang baik terhadap semua orang, termasuk pada santri, namun juga ada guru yang belum bisa menunjukkan karaisma yang baik kepda santrinya. (2) Motivasi yang membuat santri bertahan di Rumah Tahfiz Darul Qu’an Hiang Karya diatarnya karena adanya sebagian guru-guru yang memberi nasehat dan motivasi baik secara liasan maupun perbuatan serta hadiah, namun juga terdapat guru yang kurang memberi motivasi karena kesibukan lain. (3) Terlihat bahwa karisma atau kepribadian seorang guru sangat ber pengaruh terhadap motivasi tahfiz santri Rumah Tahfiz Darul Qu’an Hiang Karya sehingga membuat santri termotivasi untuk mencapai target yang telah di tentukan