PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DI MA HAMPARAN RAWANG

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 09:39
Deskripsi/Abstract
Model pembelajaran mengacu pada pendekatan pembelajaran yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pengajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas. model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. MA Hamparan Rawang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain dalam penelitian ini adalah preeksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Hamparan Rawang. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t model paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest (79,16) lebih besar dari rata-rata nilai pretest (33,33), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Model Pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut juga dibuktikan dari nilai Sig. (2- tailed) yang diperoleh yaitu sebesar 0.000 < 0.05, dan untuk nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 15.571 > 1.796, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka kesimpulannya terdapat pengaruh model pembelajaran NHT terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI di MA Hamparan Rawang, dimana terdapat kenaikan nilai sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran NHT. Oleh karena itu, model pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, maka seorang guru wajib untuk menentukan model pembelajaran seperti apa yang cocok untuk digunakan dalam proses belajar mengajar yang juga dapat disesuaikan dengan materi yang diajarkan pada kondisi tertentu.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis