Deskripsi/Abstract
Model pembelajaran mengacu pada pendekatan pembelajaran yang akan digunakan,
termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pengajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran,
lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas. model pembelajaran adalah suatu perencanaan
atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas.
MA Hamparan Rawang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads
Together (NHT). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada
mata pelajaran Akidah Akhlak. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar
peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain dalam penelitian ini adalah preeksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Hamparan
Rawang. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar. Uji prasyarat analisis
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji-t model paired sample t-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest (79,16) lebih besar dari
rata-rata nilai pretest (33,33), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Model Pembelajaran
NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut juga dibuktikan dari nilai Sig. (2-
tailed) yang diperoleh yaitu sebesar 0.000 < 0.05, dan untuk nilai thitung > ttabel yaitu sebesar
15.571 > 1.796, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka kesimpulannya terdapat pengaruh
model pembelajaran NHT terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI di MA Hamparan
Rawang, dimana terdapat kenaikan nilai sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran
NHT. Oleh karena itu, model pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa, maka seorang guru wajib untuk menentukan model pembelajaran
seperti apa yang cocok untuk digunakan dalam proses belajar mengajar yang juga dapat
disesuaikan dengan materi yang diajarkan pada kondisi tertentu.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.