Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan peneliti pada penyajian dan analisis data diatas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Pendidikan agama islam dalam lingkungan keluarga siswa SMP Negeri 21 Kerinci masih kurang dikarenakan masih banyak oarng tua yang menunjukkan mereka sangat berharap sekolah bisa membentuk perilaku anak mereka tanpa disadari mereka memiliki peran penting dalam pembentukan perilaku anak. 2. Perilaku siswa SMP Negeri 21 Kerinci masih dikategorikan cukup baik karena dilihat dari hasil wawancara, perilaku mereka masih dalam hal yang wajar dan tidak menunjukkan hal negatif yang berdampak pada sekolah, lingkungan maupun masa depan mereka. 3. Dampak yang didapat dari proses pembelajaran agama islam disekolah SMP Negeri 21 Kerinci sangat positif, hal ini ditunjukkan rata-rata siswa yang ada disekolah SMP Negeri 21 Kerinci mendapat nilai baik dalam proses pembelajaran. 4. Dampak yang diperoleh dari lingkungan keluarga dalam proses pembelajran agama islam sangat baik, sehingga mempermudah proses pembelajaran agama islam disekolah SMP Negeri 21 Kerinci