Penerapan metode imla dalam mengatasi kesulitan baca tulis alquran anak usia 6-10 tahun di tpa almunawarah desa koto padang

Submitted by admin on Fri, 12/29/2023 - 11:18
Deskripsi/Abstract
Dalam pembelajaran baca tulis Alquran di TPA Almunawarah oleh guru hanya terpacu dengan menyalin sebuah teks bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab, sedangkan metode imla digunakan mengatasi kesulitan belajar anak dengan penerapan metode imla’ dapat menjadi solusi untuk menyeselaikan permasalahan baca tulis alquran. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan Jenis penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian di TPA Almunawarah .Objek dan Subjek Penelitian, Jenis Data Sumber Data Primer Data Primer, Informan Penelitian, Tehnik Pengumpulan Data Observasi Wawancara Dokumentasi, Instrumen Penelitian, Uji Keabsahan Data dan Tehnik Analisis Data. Hasil penelitian pada proses pembelajaran di TPA Almunawarah sudah berjalan dengan baik dengan menggunakan metode Imla. peserta didik juga diajarkan tentang hal-hal lain yang dibutuhkannya, seperti diajarkannya bacaan Surah-Surah pendek, dan juga bacaan-bacaan shalat. akhlak siswa di TPA Almunawarah juga sudah baik dengan selalu membiasakan siswa bersalaman dengan Ustadz sebelum mereka pulang. Kurang termotivasinya siswa dalam belajar baca tulis Al-Quan dikarenakan masih ada sebagian siswa yang belum hafal huruf-huruf hijaiyah. Siswa yang belum hafal huruf hijiayah, dalam membaca perlembar Imla dan membutuhkan waktu yang sedikit agak lama. Penerapan Metode Imla’Dalam baca tulis Al-quran memperkenalkan huruf hijaiyah agar dapat menegetahui huruf disambung tidak disambung, serta pembelajaran mufradatz dapat mengetahui arti perkata. Baca tulis Al-quran bahwa dalam tingkat pemula anak usia 5-10 tahun mulai mengenal sebuah simbol-simbol digabungkan dengan lebih lanjut menjadi sebuah satu kesatuan.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi