METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 KERINCI

Submitted by admin on Wed, 02/07/2024 - 08:35
Deskripsi/Abstract
1. Diantara usaha yang dilakukan oleh pihak sekolah baik bapak dan ibu guru dalam memberikan solusi terhadap kendala yang dihadapi yaitu melakukan dengan cara perlahan-lahan sebab tidak ada paksaan untuk siswa melakukan kegiatan keagamaan. Selain itu juga berusaha untuk mengevaluasi semua kegiatan program-program keagamaan sehingga mampu meminimalisir dan berusaha melakukan pembenahan-pembenahan sebagai proses penanaman nilai agam Islam ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. 2. Dampak dalam proses pembentukan karakter siswa pada pembalajaran Pendidikan Agama Islam melalui kultum pagi Senin bagi peserta didik di SMPN2 Kerinci akan dapat membantu siswa untuk lebih mudah menghayati agama Islam baik dari segi nilai syari’ah, aqidah maupun akhlak. Dikarenakan selain siswa memperoleh ilmu pengetahuan tentang keagamaan melainkan mereka juga bisa langsung mengaplikasikannya dengan melalui membiasakan diri dalam melakukan kegiatan kesehariannya yang sesuai dengan ajaran agama Islam.kemudian juga dapat membantu dalam menekankan kenakalan remaja dan dapat mencegah pengaruh buruk pada karakter siswa. 3. Bebrapa faktor yang menjadi kendala diantaranya masih ada sebagian orang tua yang mempunyai fikiran hanya sekedar menyekolahkan saja tanpa mengetahui apa potensi yang dimilikinya. Sehingga anak ketika sudah memperoleh pengetahuan dari hasil pembelajaran di kelas dianggap sudah cukup, masih ada sebagian kegiatan keagamaan lainnya yang fasilitasnya belum lengkap sebingga sebagian ada yang masih memerlukan biaya dari masing-masing siswa. 4. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam proses pembentukan karakter siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Kerinci diperlukan cara yang sangat pelan-pelan, sehingga diperlukan beberapa tahapan yang diantaranya, tahap pemberian pengetahuan dan pemahaman, tahap pembiasaan, tahap kebutuhan dan tahap evaluasi.
Koleksi
Subject
Files
Nossy.pdf1.21 MB
QR code for this page URL
Waktu Publikasi