ANALISIS RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA KELAS VIII SMP NEGERI 34 KERINCI

Submitted by admin on Tue, 04/30/2024 - 10:53
Deskripsi/Abstract
Rasa ingin tahu merupakan suatu dorongan yang kuat akan kebutuhan. Rasa haus atau hasrat untuk mengetahui, melihat dan adanya motivasi perilaku penelaahan untuk mendapatkan informasi baru yang berasal dari ketidakpastian dalam diri siswa yang menyebabkan konflik konseptual dalam diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat deskripsi gambaran atau secara sistematis mengenai fakta, gambaran secara terperinci mengenai rasa ingin tahu siswa belajar IPA Biologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII D SMP Negeri 34 Kerinci, sebanyak 27 siswa. Hasil penelitian ini bahwa rasa ingin tahu siswa kelas VIII D SMP Negeri 34 Kerinci secara klasikal memperoleh hasil 75,72%. hal ini menunjukkan rasa ingin tahu siswa kelas VIII D SMP Negeri 34 Kerinci yaitu pada kategori tinggi. Sedangkan hasil rasa ingin tahu siswa tiap indikator, yang pertama tentang keinginan untuk mempelajari sesuatu yang baru memiliki skor 73,76% dengan kategori tinggi. Indikator yang kedua, sikap yang kuat untuk mempelajari sesuatu, yaitu 80,55% dengan kategori tinggi. Indikator yang ketiga, tertarik pada hal baru, dengan nilai 80,55%hal ini menyatakan kategori tinggi. Kesimpulan rasa ingin tahu siswa kelas VIII D SMP Negeri 34 Kerinci, Kategori tinggi dalam mempelajari mata pelajaran IPA bidang Biologi
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi