Deskripsi/Abstract
Rasa ingin tahu merupakan suatu dorongan yang kuat akan
kebutuhan. Rasa haus atau hasrat untuk mengetahui, melihat dan adanya
motivasi perilaku penelaahan untuk mendapatkan informasi baru yang
berasal dari ketidakpastian dalam diri siswa yang menyebabkan konflik
konseptual dalam diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
membuat deskripsi gambaran atau secara sistematis mengenai fakta,
gambaran secara terperinci mengenai rasa ingin tahu siswa belajar IPA
Biologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas
VIII D SMP Negeri 34 Kerinci, sebanyak 27 siswa. Hasil penelitian ini
bahwa rasa ingin tahu siswa kelas VIII D SMP Negeri 34 Kerinci secara
klasikal memperoleh hasil 75,72%. hal ini menunjukkan rasa ingin tahu
siswa kelas VIII D SMP Negeri 34 Kerinci yaitu pada kategori tinggi.
Sedangkan hasil rasa ingin tahu siswa tiap indikator, yang pertama tentang
keinginan untuk mempelajari sesuatu yang baru memiliki skor 73,76%
dengan kategori tinggi. Indikator yang kedua, sikap yang kuat untuk
mempelajari sesuatu, yaitu 80,55% dengan kategori tinggi. Indikator yang
ketiga, tertarik pada hal baru, dengan nilai 80,55%hal ini menyatakan
kategori tinggi. Kesimpulan rasa ingin tahu siswa kelas VIII D SMP Negeri
34 Kerinci, Kategori tinggi dalam mempelajari mata pelajaran IPA bidang
Biologi
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI HABIL NOPRA DEPA.pdf1.86 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.