Deskripsi/Abstract
Supervisi Pendidikan merupakan proses evaluasi yang
dilakukan oleh kepala sekolah ataupun pengawas sekolah sebagai
pengelola kinerja sekolah atau pengoperasian sumber daya di dalam
sekolah dengan tujuan untuk meningkatkan mutu sekolah secara terus
menerus, dan harus di kelola dengan baik oleh kepala sekolah maupun
pengawas sekolah, yang terdiri dari pemikiran dan rencana yang
dikembangkan dan terorganisir dengan baik. Rumusan Masalah : (1)
Bagaimana proses pembelajaran pada SD se kecamatan koto baru? (2)
Bagaimana manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu
pembelajaran pada SD se kecamatan koto baru? (3) Bagaimana
pelaksanaan supervisi pendidikan oleh pengawas pendidikan kota
sungai penuh dalam meningkatkan mutu pendidikan pada SD se
kecamatan koto baru. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif
deskriptif dengan informan penelitian yaitu Pengawas Sekolah,
Koordinasi Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru. Teknik Pengumpulan
Data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data
yaitu Triangulasi sumber, triangulasi metode atau teknik dan triangulasi
waktu. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan 1) proses
pembelajaran pada SD se kecamatan koto baru berjalan dengan baik
dan guru yang mengajar memiliki strategi yang berbeda dalam
mengajarkan siswanya hanya saja ada sebagian guru yang tidak
memperhatikan rencana proses pembelajarn semenjak diberlakukannya
kurikulum merdeka belajar 2) manajemen kepala sekolah pada SD se
kecamatan koto baru juga memiliki strategi yang berbeda dalam
meningkatkan mutu pembelajaran dilihat dari visi dan misi sekolah,
masing-masing kepala sekolah memiliki strategi yang sama dalam
melakukan kerjasama dengan pihak warga sekolah dan guru 3)
pelaksanaan supervisi pendidikan oleh pengawas pendidikan dalam
meningkatkan mutu pendidikan pada SD se Kecamatan Koto Baru
vi
dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut
dapat dilihat dari hasil laporan pengawas untuk penilaian terhadap
kinerja kepala sekolah dalam memanage sekolah dan kinerja guru
dalam mengajar terhadap pengawas dan berdasarkan pada indikator
mutu pendidikan kualifikasi untuk mencapai tujuan pendidikan yang
berkualitas yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi, standar
proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan
prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar
pengelolaan dan standar penilaian pendidikan.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.