December 2023

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) SWASTA KAYU ARO LINDUNG JAYA

Submitted by admin on Fri, 12/29/2023 - 11:38
salah satu sekolah yang berusaha mengupayakan pendidikan karakter religius adalah Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Kayu Aro lindung jaya yang mana dalam implementasian karakter religius yang dilakukan dapat dilihat melalui beberapa kegiatan yang diimplementasikan seperti pelaksanaan proses pembelajaran pendidikan agama islam yang dilakukan dan beberapa kegiatan keagamaan yang dilakukan seperti pelaksanakan yasinan yang dilakukan setiap minggunya. Pelaksanaan penelitian menggunakan Metode kualitatif dalam proses penelitian, penggunaan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggun
Koleksi

Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di sma negeri 1 kerinci

Submitted by admin on Fri, 12/29/2023 - 11:31
Pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah di SMAN 1 Kerinci menjandi tolak ukur untuk perkembangan dan peningkatan pembelajaran terutama profesionalisme dalam pembelajaran di SMA Negeri 1 Kerinci. Tujuan penelitian adalah 1) Mendiskripsikan pelaksanaan supervisi akademik terhadap kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 1 Kerinci.
Penulis
Koleksi

Upaya guru pai dalam mengatasi kenakalan siswa di smp negeri 4 kerinci

Submitted by admin on Fri, 12/29/2023 - 11:24
Kenakalan siswa adalah suatu bentuk perbuatan yang melanggar norma, aturan, hokum, kenakalan siswa sendiri terdiri dari berbagai macam bentuk yaitu berkelahi, merokok tidka hadir kesekolah tanpa keterangan, tidak memakai seragam sekolah sebagaimana mestinya , dan tidak mematuhi aturan yang ditetapkan sekolah. Faktor penyebabnya pun beragam, mulai dari kurangnya pengawasan orang tua maupun salah pergaulan.
Penulis
Koleksi

Penerapan metode imla dalam mengatasi kesulitan baca tulis alquran anak usia 6-10 tahun di tpa almunawarah desa koto padang

Submitted by admin on Fri, 12/29/2023 - 11:18
Dalam pembelajaran baca tulis Alquran di TPA Almunawarah oleh guru hanya terpacu dengan menyalin sebuah teks bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab, sedangkan metode imla digunakan mengatasi kesulitan belajar anak dengan penerapan metode imla’ dapat menjadi solusi untuk menyeselaikan permasalahan baca tulis alquran.
Koleksi

Penggunaan aplikasi quizizz dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas x di sekolah menengah atas (sma) negeri 2 kerinci

Submitted by admin on Fri, 12/29/2023 - 11:10
Pembelajaran yang menarik dan menyenangkan merupakan kondisi pembelajaran yang diidam-idamkan oleh siswa, apabila siswa bersemangat dan memiliki antusias tinggi dalam pembelajaran tidak dipungkiri hasil belajar siswa akan meningkat. Adapun untuk memperoleh pembelajaran yang menarik yaitu dengan menggunakan media salah satunya media yang belajar sambil bermain yaitu game Quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X dengan menggunakan aplikasi Quizizz.
Penulis
Koleksi

Pengaruh kemampuan berpikir kreatif menggunakan model problem based learning berbantuan multimedia pada siswa smp negeri 7 kota sungai penuh

Submitted by admin on Fri, 12/29/2023 - 11:04
Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa rendahnya kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kota Sungai Penuh, maka peneliti mencoba melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning. Agar siswa lebih tertarik untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru dalam model PBL, maka guru menggunakan multimedia.
Penulis
Koleksi

Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis flipchart terhadap hasil belajar ipa Siswa kelas viii mtsn 2 kerinci

Submitted by admin on Fri, 12/29/2023 - 10:53
Keberhasilan suatu proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh media pembelajaran yang digunakan. Namun, dalam mewujudkan keberhasilan tersebut timbul permasalahan yaitu guru masih monoton dalam penggunaan media pembelajaran. Seperti masih memakai metode ceramah dan minim dalam penggunaan media sehingga pembelajaran tidak dapat tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Dalam mengatasi permasalahan tersebut tentu sangat dibutuhkan inovasi media pembelajaran melalui angket dan observasi kemandirian belajar siswa.
Koleksi

Hubungan emotional intelligence dengan self control Siswa di smp negeri 24 kerinci

Submitted by admin on Fri, 12/29/2023 - 10:24
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang menunjukkan sikap- sikap serta tingkah laku yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) Emotional Intelligence Siswa, 2) Self Control Siswa, 3) Hubungan Emotional Intelligence dengan Self Control Siswa di SMP Negeri 24 Kerinci. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 24 Kerinci yang berjumlah 78 orang.
Koleksi

Pelaksanaan pembekalan keterampilan kewirausahaan di panti asuhan putra aisyiyah kota sungai penuh

Submitted by admin on Fri, 12/29/2023 - 10:16
Manajemen kewirausahaan di panti asuhan merupakan hal yang sangat penting dalam upaya untuk meningkatkan pembekalan keterampilan kewirausahaan anak asuh, berkenaan dengan hal ini pengurus panti asuhan yang bertugas sebagai manajer di panti asuhan harus mengetahui bagaimana cara mengatur panti asuhan sesuai dengan prosedur dan unsur-unsur manajemen yang ada, sehingga apapun yang ingin dicapai selama kepengurusan dapat berjalan dengan efektif dan efisien Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.
Koleksi

Pengembangan video tutorial menggunakan geogebra pada materi geometri di smp negeri 2 kerinci

Submitted by admin on Fri, 12/29/2023 - 10:11
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Mengetahui proses mengembangkan Video Tutorial Menggunakan Geogebra Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Geometri di SMP Negeri 2 Kerinci. Mengetahui validitas Video Tutorial Menggunakan Geogebra Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Geometri di SMP Negeri 2 Kerinci.
Penulis
Koleksi

Pengaruh model pembelajaran active learning tipe question student have (qsh) terhadap prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di kelas X mipa sma negeri 6 kerinci

Submitted by admin on Fri, 12/29/2023 - 10:04
Kendala dalam pembelajaran pedidikan agama islam di kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kerinci adalah siswa belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran hanya berjalan satu arah, siswa jarang mengajukan atau menanggapi pertanyaan dari guru meskipun guru sering memberikan kesempatan, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Koleksi

Implementasi media kartu bergambar dalam pengenalan huruf hijaiyah di paud melati kayu aro barat

Submitted by admin on Fri, 12/29/2023 - 09:51
1. Bentuk penguasaan huruf hijaiyah pada anak usia dini di PAUD Melati Kayu Aro Barat berbeda-beda, ada yang sudah mengenal huruf hijaiyah Berkembang Sangat Baik, Berkembang Sesuai Harapan, Mulai Berkembang dan Belum Berkembang.
Koleksi

penerapan pembelajaran portofolio dalam pembelajaran ipa di smp negeri 12 sungai penuh

Submitted by admin on Fri, 12/29/2023 - 09:39
Penerapan model pembelajaran portofolio dalam pembelajaran IPA siswa di kelas VIII SMP Negeri 12 Sungai Penuh, guru telah menerapkan pembelajaran portofolio sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran portofolio, dimana langkah-langkah tersebut telah diterapkan satu persatu.
Penulis
Koleksi

Peran Orang Tua dalam Memberikan Pendidikan Seksual Kepada Anak Studi Fenomenologi di Desa Permanti, Kecamatan Pondok Tinggi, Kota Sunagi Penuh, Jambi

Submitted by admin on Fri, 12/29/2023 - 09:26
Penelitian ini memaparkan peran orang tua dalam memberikan pendidikan seksual kepada anak. Ketujuh informan penelitian berperan dalam mengedukasi anak tentang seksualitas. Ketujuh informan penelitian ini memberikan persepsinya mengenai pendidikan seksual secara umum.
Koleksi

KORELASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL HAQ SEMURUP TAHUN AJARAN 2020/2021

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 12:15
Islamic religious education in schools is one form of effort to develop students' abilities in increasing religious understanding, namely increasing faith and piety to Allah SWT, as well as moral nobility. In this study, with the aim of finding out there is a correlation between learning Aqidak Akhlak and Akhlak students of class VIII MTs Nurul Haq Semurup. The research method used is quantitative correlation.
Koleksi

IMPLEMENTASI METODE DA’I DALAM MEMBINA KEBERAGAMAN MASYARAKAT DESA KAYU ARO AMBAI

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 12:12
Skripsi ini membahas tentang metode dai dalam membina keberagamaan masyarakat di desa Kayu Aro Ambai. Penelitian ini mengangkat masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana cara yang dilakukan dai dalam membina keberagamaan masyarakat desa Kayu Aro Ambai. 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dai dalam usaha membina keberagamaan masyarakat desa Kayu Aro Ambai Kecamatan Tanah Cogok Kabupaten Kerinci. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan berlokasi di Desa Kayu Aro Ambai Kecamatan Tanah Cogok Kabupaten Kerinci.
Penulis
Koleksi

PERSEPSI GURU MATA PELAJARAN TARHADAP PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 12:11
ABSTRAK Andri Akbar (2022). Persepsi Guru Mata Pelajaran tarhadap Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Kerinci. (1) Drs. Saaduddin, M.Pd.I, (2) Farid Iman Kholidin, M.Pd Kata Kunci :Program Bimbingan dan Konseling Guru mata pelajaran tidak membantu guru BK dalam menjalankan program bimbingan dan konseling, seperti guru mata pelajaran hanya fokus mengajar bidang studinya saja. Guru mata pelajaran pada umumnya beranggapan tugas bimbingan konseling seutuhnya tanggung jawab guru BK.
Koleksi

CULTURE SHOCK PADA DOSEN IAIN KERINCI YANG BERASAL DARI LUAR DAERAH

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 12:10
Culture Shock atau guncangan budaya adalah reaksi umum yang dialami orang ketika pindah ke budaya atau tempat tinggal baru, seperti steres, deman, merasa dicuekin, tidak bisa berinteraksi sosial kerena kendala bahasa dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan fenomena, contoh, faktor penyebab, dampak dan upaya mengatasi Culture Shock pada dosen IAIN Kerinci. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, informan 5 orang dosen IAIN Kerinci dan data dikumpulkan dengan cara wawancara terstruktur (guided interview).
Penulis
Koleksi

ANALISIS MULTIPLE INTELLEGENCE UNTUK MENGENALI KECERDASAN DOMINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA (MTsS) SIULAK GEDANG

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 12:09
Jelly Enivia : Anlisis Multiple Intelligence untuk mengenali Kecerdasan Dominan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Siulak Gedang. Penelitian ini dilakukan di MTsS Siulak Gedang, kec. Siulak, kab. Kerinci pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kecerdasan yang paling dominan yang dimiliki siswa kelas IX MTsS Siulak gedang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian kelas IX A yang berjumlah 24 siswa. Instrument penelitian yang dipakai angket Multiple Intelligence.
Penulis
Koleksi

PERILAKU SANTRI DALAM PENGAMALAN NILAI-NILAI AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-MUKHTARIYAH AMBAI STUDI LIVING AL-QUR’AN

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 12:06
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman atau pendalaman nilai-nilai Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-mukhtariyah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan pengambilan latar di Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai Al-Qur’an, sedangkan subjek penelitiannya adalah para santri Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah.
Penulis
Koleksi

STRATEGI DAKWAH TAREKAT NAQSYABANDIYAH DALAM PEMBENTUKAN ENERGI RUHIA DI DESA ULU AIR KECAMATAN KUMUN DEBAI KOTA SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 12:04
Berdasarkan pembahasan dan analisa yang telah dijelaskan pada bab-bab terdahulu maka kesimpulan sebagai berikut: 1. Strategi Dakwah Tarekat Naqsyabandiyah Dalam Membentuk Energi Ruhiah Di Desa Ulu Air Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh adalah sebagai berikut: a. Memahami Khalayak, Tema atau materi dakwah yang disampaikan da’i menyesuaikan mad’u dan melihat latar belakang mad’u, apakah mad’u dari kalangan orang yang paham agama atau tidak. b. Merencanakan Pesan, mad’u disuruh untuk bercerita permasalahan yang dihadapi, kemudian da’i memberi saran, motivasi, dan solusi.
Penulis
Koleksi

UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMPERBAIKI AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 13 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 12:02
Penelitian ini dilatarbelakangi, ketidakjujuran peserta didik dalam memberikan keterangan kehadiran dan tidak jujur dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran PAI di SMAN 13 Kerinci, keadaan akhlak peserta didik dan ingin mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh guru PAI dalam memperbaiki akhlak peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dengan informan penelitian yakni kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik kelas X IIS 1 dan X IIS 2.
Penulis
Koleksi

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 7 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 11:59
Berpikir kritis merupakan salah satu proses berpikir tingkat tinggi yang dapat digunakan dalam pembentukan sistem konseptual siswa. pemikiran yang masuk akal dan reflektif yang berfokus untuk memutuskan apa yang mesti dipercaya atau dilakukan.
Penulis
Koleksi