Penelitian ini dilatarbelakangi, ketidakjujuran peserta didik dalam memberikan keterangan kehadiran dan tidak jujur dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran PAI di SMAN 13 Kerinci, keadaan akhlak peserta didik dan ingin mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh guru PAI dalam memperbaiki akhlak peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dengan informan penelitian yakni kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik kelas X IIS 1 dan X IIS 2. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan Observasi, kemudian dilanjutkan dengan Wawancara dan setelah itu dilengkapi dengan Dokumentasi. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan Reduksi Data, Display Data dan Penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran lebih banyak menggunakan metode ceramah dan metode diskusi. (2) Keadaan akhlak peserta didik secara keseluruhan mengalami perbaikan, namun masih ada sebagian kecil dari peserta didik yang tidak mencerminkan akhlak yang terpuji. (3) Upaya yang dilakukan oleh guru PAI adalah menjadi teladan bagi peserta didik, membiasakan peserta didik agar selalu berakhlak yang terpuji, berupaya menjadi guru yang disenangi, membimbing, mengevaluasi, membuat aturan, membari tugas tambahan, kerja sama dengan orang tua, konsistensi serta memberikan reward and punishment atas semua perbuatan peserta didik.