Deskripsi/Abstract
Adapun latar belakang dalam penelitan ini adalah masih banyak ditemui kesalahan
siswa dalam membaca Al-Qur‟an, misalnya ada beberapa siswa yang masih kurang lancar
tajwidnya seperti terbata-bata dalam membaca ayat Al-Qur‟an, belum mampu
mempraktikkan bacaan mad dengan benar yaitu terkadang bacaan mad tidak dibaca panjang
dan yang seharusnya pendek malah dibaca panjang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Apa Saja Kesulitan Membaca Al-
Qur‟an yang dialami siswa kelas VIII di SMPN 20 Kerinci, (2)Bagaimana peran Guru
Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas
VII di SMPN 20 Kerinci, (3)Apa Saja Kendala Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan
Belajar Membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas VII di SMPN 20 Kerinci ?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripikasi kesulitan siswa dalam membaca Al-
qur‟an dan mendeskripsikan peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur‟an kelas
VIII di SMP Negeri 20 Kerinci,
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif,
pendekatan kualitatif berdasarkan pada tenologis, subjek penelitian ini adalah kepala sekolah,
guru PAI dan siswa kelas VIII di SMP Negeri 20 Kerinci.
Pengumpulan data dilaksanakan melalui, observasi, wawancara, dan dokumentasi,
analisis data mengunakan model miles dan huberman yang terdiri dari tiga tahap reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data, dan
penarikan kesimpulan, dilakukan dengan perpanjang keikutsertaan, diskusi, trigulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan guru melakukan lima peran
dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur‟an kelas VIII di SMP Negeri 20 Kerinci hal ini
ditunjukan Oleh: (1) Guru sebagai sumber belajar, (2)Guru Sebagai Fasilitator, (3)Guru
Sebagai demontator dengan mengunakan metode mengajar yang bervariasi, (4)guru
memberikan bimbingan kepada siswa yang kesulitan dalam membaca Al-Qur‟an (5)guru
mengevaluasi hasil belajar siswa .
Adapun kesulitan membaca Al-Qur‟an yang di alami siswa kelas VIII terdiri dari tiga
komponen yaitu : (1)Kesulitan dalam menyebutkan hurufnya ada beberapa ayat yang
bunyinya agak sama (2)Kesulitan dalam memahami tajwidnya panjang pendeknya
(3)Kesulitan dalam memahami perubahan bentuk huruf hijayah bersambung . sedangkan
kendala guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur‟an di SMP Negeri 20 Kerinci
adalah (1)Pengaruh negatif pergaulan luar sekolah (2)pengaruh dalam dasarnya siswa yang
memang belum baca Al-Qur‟an (3)kurang nya perhatian dan bimbingan orang tua .
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.