Deskripsi/Abstract
ABSTRAK
Andri Akbar (2022). Persepsi Guru Mata Pelajaran tarhadap Program Bimbingan
dan Konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Kerinci.
(1) Drs. Saaduddin, M.Pd.I, (2) Farid Iman Kholidin, M.Pd
Kata Kunci :Program Bimbingan dan Konseling
Guru mata pelajaran tidak membantu guru BK dalam menjalankan
program bimbingan dan konseling, seperti guru mata pelajaran hanya fokus
mengajar bidang studinya saja. Guru mata pelajaran pada umumnya beranggapan
tugas bimbingan konseling seutuhnya tanggung jawab guru BK. Guru mata
pelajaran cenderung melepas guru BK mengurus siswa yang bermasalah dan guru
mata pelajaran menyatakan itu tugas guru BK. Seperti yang dikatakan oleh guru
matematika yang penulis temui, beliau mengatakan bahwa guru BK kan ada jadi
masalah program tugasya guru BK. Kita guru lain membimbing secara umum saja
Padahal siswa lebih banyak bertemu dengan guru-guru mata pelajaran yang lain,
sehingga banyak siswa yang bermasalah tidak terkontrol oleh guru BK. Tidak
adanya kerja sama guru mata pelajaran dengan guru bimbingan konseling
membuat siswa-siswi yang memerlukan bantuan dan bimbingan terabaikan dan
semakin banyak siswa yang tidak mau fokus belajar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu sebuah
metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan sejara
deskriptif untuk mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang akan diteliti
secara menyeluruh, luas dan mendalam Lokasi penelitian Sekolah Menengah Atas
Negeri 7 Kerinci. Objek dan Subjek Penelitian. Informan berjumlah keseluruhan
yaitu 15 informan. Teknik Pengumpulan Data, observasi, Wawancara,
Dokmentasi. Instrumen Penelitian.Teknik Analisis Data dan Uji Keabsahan Data.
Hasil penelitian Program bimbingan dan konseling siswa di SMAN 7
Kerinci: 1) LayananOrientasi Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di
Sekolah, mengajar seperti memberi tahukan tentang tata tertib sekolah, organisasi
sekolah, dan fasilitas sekolah 2) LayananInformasi. Kegiatan ini bertujuan untuk
dapat meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya dalah menmbuhkan
menumbuhkan semangat belajar pada siswa dalam belajar. 3)
LayananPenempatandanPenyaluranlayanan penempatan dan penyaluran oleh guru
di SMAN 7 Kerinci, khususnya guru bimbingan dan konseling. Guru bisa
menentukn dimana siswa dan siswi ini ditempatkan sesuai dengan potensi yang
mereka miliki. 4) LayananBimbinganBelajarDalammenanganipermasalahandalam
belajar yangdiperbuatolehsiswa- siswi tersebut, ada prosedur ataupun jenjang
tingkatannya.
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI ANDRI lengkap.pdf1.24 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.