Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yaitu Masih rendahnya
siswa MTs Negeri 2 Sungai Penuh dalam menerapkan budaya beragama
(Culture Religious). Penguatan karakter religius hanya mengandalkan
pembelajaran PAI di sekolah saja, rasanya sangat kurang. Maka dari itu,
kegiatan tersebut haruslah ditunjang dengan kegiatan diluar jam pelajaran,
yakni kegiatan ekstrakurikuler
. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembentukan
karakter Culture Religious pada Siswa di MTs Negeri 2 Sungai Penuh, untuk
mengetahui pelaksanaan pembentukan Karakter Culture Religious pada
Siswa di MTs Negeri 2 Sungai Penuh. Untuk mengetahui evaluasi
pembentukan Karakter Culture Religious pada Siswa Di MTs Negeri 2
Sungai Penuh dan untuk mengetahui faktor Penghambat dan Pendorong
dalam Penerapan Religious Culture di MTs Negeri 2 Sungai Penuh.
Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini bersifat
menggambarkan hal yang berkenaan dengan Analisis Pembentukan Karakter
Culture Religious Siswa di MTs Negeri 2 Sungai Penuh. Informan penelitian
adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan dan
Kurikulum, Guru Mata Pelajaran Agama Islam dan Siswa Kelas VII. Teknik
pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, display
data, dan verifikasi data, lalu ditarik kesimpulan dan dianalisis secara
kualitatif.
Hasil penelitian bahwa pelaksanaan pembentukan Karakter Culture
Religious yaitu Doa bersama dan pembacaan surat-surat pendek sebelum
pembelajaran dimulai, mengedepankan budaya senyum dan salam sapa,
shalat dhuha berjamaah shalat dzuhur berjamaah, doa dan dzikir selesai
shalat, kajian agama Islam dan Pesantren Ramadhan. Kegiatan tersebut
berjalan dengan lancar di MTs Negeri 2 Sungai Penuh. Sehingga sampai
sekarang kegiatan Religius Culture di MTs menjadi salah satu ciri khas yang
ada di MTs ini. Guru beserta peserta didik menjalankan kegiatan tersebut
sesuai dengan aturan yang ada. Guru juga sebagai contoh dan guru pula
menjadi pengevaluasi kegiatan ini. Evaluasi pembentukan Karakter Culture
Religious pada Siswa di MTs Negeri 2 Sungai Penuh baik melalui
pengamatan langsung atau melalui absensi yang telah disediakan. Sehingga
kegiatan Religius Culture berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Koleksi
Subject
Files
skripsi ULTRI HANDAYANI.pdf7.59 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.