Deskripsi/Abstract
Permasalahan karakter tidak bisa dipisahkan dari dunia pendidikan, dan
untuk membentuknya perlu adanya komunikasi interpersonal yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komunikasi Interpersonal
Pembina Asrama Terhadap Karakter Siswa di Pesantren Nurul Haq Semurup.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs pesantren
Nurul Haq Semurup kelas 8 dan pembina asrama yang berjumlah 3 orang. sampel
dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik total sampling untuk pembina
asrama sedangkan untuk siswa ditentukan dengan teknik slovin dan diperoleh
sampel siswa sebanyak 79 orang siswa dan ditambah 3 orang pembina asrama.
Data dikumpulkan dengan kuesioner, dan selanjutnya di analisis secara deskriptif
dan di lakukan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian yang menunjukkan adanya
pengaruh komunikasi interpersonal terhadap karakter siswa dilihat dari hasil uji-t
yang menunjukkan nilai t-hitung sebesar 2.434 > 1,292 sehingga hipotesis Ho di
tolak dan hipotesis Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh komunikasi
interpersonal terhadap karakter siswa Pesantren Nurul Haq Semurup. Besarnya
pengaruh yang diberikan komunikasi interpersonal terhadap karakter siswa adalah
sebesar 0.014 yang jika di persentasekan menjadi 1.40%. Artinya besarnya
pengaruh yang diberikan komunikasi interpersonal terhadap karakter siswa adalah
sebesar 1,40% dan sisanya 99,60% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti.
Koleksi
Subject
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.