Deskripsi/Abstract
Jelly Enivia : Anlisis Multiple Intelligence untuk mengenali Kecerdasan
Dominan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Madrasah
Tsanawiyah Swasta (MTsS) Siulak Gedang.
Penelitian ini dilakukan di MTsS Siulak Gedang, kec. Siulak, kab.
Kerinci pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui jenis kecerdasan yang paling dominan yang dimiliki siswa kelas IX
MTsS Siulak gedang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Sampel penelitian kelas IX A yang berjumlah 24 siswa. Instrument
penelitian yang dipakai angket Multiple Intelligence. Hasil penelitian
menunjukkan siswa kelas IX MTsS Siulak Gedang memiliki semua aspek
kecerdasan yang terdiri dari kecerdasan Linguistik termasuk dalam kategori
cukup baik dengan perolehan skor sebanyak 57,5%, kecerdasan Matematis-
logis termasuk dalam kategori cukup baik dengan perolehan skor sebanyak
52%, kecerdasan Visual-Spasial termasuk dalam kategori baik dengan
perolehan skor 61%, kecerdasan Kinestetik dan Naturalis termasuk dalam
kategori yang cukup baik dengan jumlah skor sebanyak 58%, sedangkan
kecerdasan Musikal, Interpersonal dan Intrapersonal termasuk dalam kategori
baik dengan perolehan skor secara berurutan sebanyak 62%, 67% dan 69%.
jenis kecerdasan yang mendapat perolehan skor tertinggi didapat pada
kecerdasan Intrapersonal. Dengan demikian dapat dikenali bahwa jenis
kecerdasan siswa yang paling dominan dalam pembelajaran matematika adalah
kecerdasan intrapersonal. Model pembelajaran matematika yang cocok dengan
kecerdasan Intrapersonal adalah model pembelajaran Take and Give.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.