ANALISIS MULTIPLE INTELLEGENCE UNTUK MENGENALI KECERDASAN DOMINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA (MTsS) SIULAK GEDANG

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 12:09
Deskripsi/Abstract
Jelly Enivia : Anlisis Multiple Intelligence untuk mengenali Kecerdasan Dominan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Siulak Gedang. Penelitian ini dilakukan di MTsS Siulak Gedang, kec. Siulak, kab. Kerinci pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kecerdasan yang paling dominan yang dimiliki siswa kelas IX MTsS Siulak gedang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian kelas IX A yang berjumlah 24 siswa. Instrument penelitian yang dipakai angket Multiple Intelligence. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas IX MTsS Siulak Gedang memiliki semua aspek kecerdasan yang terdiri dari kecerdasan Linguistik termasuk dalam kategori cukup baik dengan perolehan skor sebanyak 57,5%, kecerdasan Matematis- logis termasuk dalam kategori cukup baik dengan perolehan skor sebanyak 52%, kecerdasan Visual-Spasial termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor 61%, kecerdasan Kinestetik dan Naturalis termasuk dalam kategori yang cukup baik dengan jumlah skor sebanyak 58%, sedangkan kecerdasan Musikal, Interpersonal dan Intrapersonal termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor secara berurutan sebanyak 62%, 67% dan 69%. jenis kecerdasan yang mendapat perolehan skor tertinggi didapat pada kecerdasan Intrapersonal. Dengan demikian dapat dikenali bahwa jenis kecerdasan siswa yang paling dominan dalam pembelajaran matematika adalah kecerdasan intrapersonal. Model pembelajaran matematika yang cocok dengan kecerdasan Intrapersonal adalah model pembelajaran Take and Give.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis