February 2024

ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Submitted by admin on Thu, 02/29/2024 - 10:22
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana deskripsi Higher Order Thinking Skill siswa dalam menyelesaikan soal Open Ended pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dirancang untuk mengetahui deskripsi Higher Order Thinking Skill siswa dalam menyelesaikan soal Open Ended pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel.
Koleksi

AN INVESTIGATION OF ENGLISH TEACHERS’ UNDERSTANDING ON THE IMPLEMENTATION OF HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) IN SMAN 3 KERINCI ACADEMIC YEAR 2022/2023

Submitted by admin on Thu, 02/29/2024 - 10:15
In the 21st century, Indonesia has implemented the 2013 curriculum. This is implemented to facilitate Indonesian people to be productive, creative, innovative, and effective through integrated attitude, skills, and knowledge emphasis. Higher-order thinking skills are emphasized in their use during the 2013 curriculum. For this reason, the important role of the teacher is in the successful implementation of hots in the learning process. This study aims to find out how English teachers understand and implemented higher-order thinking skills.
Koleksi

IDENTITAS AKHLAK GENERASI MILLENIAL DAN POST-MILLENIAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (STUDI FENOMENOLOGI DI RT 01 DESA HIANG SAKTI)

Submitted by admin on Thu, 02/29/2024 - 10:05
Penyalahgunaan teknologi perlu penanganan secara khusus.Pendidikan yang bersumber dari agama akan lebih memberikan makna dan kesesuain yang menyeluruh dalam memberikan pola karakter terhadap generasi millenial dan post-millenial. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dengan informan penelitian yakni Generasi Millenial, dan generasi Post-Millenial yang berasal dari desa Hiang Sakti.
Penulis
Koleksi

PENGARUH METODE PEER TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Thu, 02/29/2024 - 09:47
Kemampuan berkomunikasi menjadi salah satu syarat yang memegang peranan penting karena membantu dalam proses penyusunan pikiran, menghubungkan gagasan dengan gagasan lain.
Penulis
Koleksi

PENALARAN KUANTITATIF (QUANTITATIVE REASONING) DALAM SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 27 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 02/29/2024 - 09:34
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran siswa hal ini dikuatkan berdasarkan hasil PISA khususnya dalam study quantity yang menduduki peringkat ke-63. Selanjutnya untuk itu fokus penelitian ini adalah: Bagaimana penalaran kuantitatif (quantitative reasoning) dalam soal-soal pemecahan masalah matematika siswa SMPN 27 Kerinci dalam materi aljabar?
Penulis
Koleksi

DAMPAK GAME ONLINE HIGG DOMINO ISLAND TERHADAP AKHLAK ANAK KEPADA ORANG TUA (Studi Kasus di Desa Kampung dalam Kota Sungai Penuh)

Submitted by admin on Thu, 02/29/2024 - 09:06
1. Permainan higgs domino island secara online yang dilakukan secara berlebihan oleh anak-anak di Kampung Dalam memperlihatkan perilaku boros mereka. Perilaku ini berdampak buruk bagi kesehatan mereka, karena mereka terus-menerus meminta makanan tambahan untuk terus bermain 2. Di Desa Kampung Dalam, perilaku anak terhadap orang tua sudah berubah, sering menggunakan kata-kata kasar dan mengabaikan teguran orang tua. Mereka juga berbohong kepada orang-orang untuk melunasi hutang chip mereka.
Koleksi

KEJENUHAN AKADEMIK PADA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA KARTU INDONESIA PINTAR-KULIAH (KIP K) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KERINCI

Submitted by admin on Thu, 02/29/2024 - 08:55
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Kejenuhan Akademik pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Institut Agama Islam Negeri Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan satu variabel yaitu kejenuhan akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif berdasarkan permasalahan yang diteliti. Sebagai generalisasi, populasi adalah sekelompok benda atau orang dengan kuantitas atau karakteristik tertentu yang dipilih peneliti untuk diselidiki dan ditarik kesimpulannya.
Penulis
Koleksi

PERAN GURU BK DALAM MEMBANTU MENCEGAH PESERTA DIDIK BERMAIN GAME ONLINE MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMP N 26 KERINCI

Submitted by admin on Mon, 02/26/2024 - 12:09
Latar belakang penelitian ini didasari atas keprihatinan terhadap peserta didik yang bermain game online dan juga akan berdampak negatif bagi pribadi peserta didik dan juga prestasi akademik.
Penulis
Koleksi

PENGEMBANGANLEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME)UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA

Submitted by admin on Fri, 02/23/2024 - 10:32
Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Sungai Penuh di kelas VIII C, hasil dari penelitian yang dilakukan adalah berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasisi Realistic Mathematic Education (RME) yang valid. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Realistic mathematic education (RME) menggunakan metode reserch and development dengan model pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D terdiri dari tahap pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil setiap tahapan model pengembangan 4-D yang dilakukan adalah sebagai berikut

PEMBINAAN KARAKTER PERCAYA DIRI DALAM BERDAKWAH TERHADAP SANTRI DI PESANTREN ARAFAH SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Fri, 02/23/2024 - 10:04
Penelitian dilatarbelakangi dari hasil observasi awal yang dilakukan pada tanggal 04-05 Agustus 2022 di Pesantren Arafah Sungai Penuh, terdapat beberapa santri yang tidak percaya diri di bidang dakwah. Hal ini ditandai dengan masih minimnya santri yang ikut dalam kegiatan seperti Maulid Nabi, 1 Muharram dan Isra’ Mi’raj dilingkungan masjid Sungai Penuh dan lainnya dan masih banyak santri yang tidak percaya diri tampil berdakwah.
Koleksi

KESIAPAN WANITA UNTUK MENIKAH PASCA PERCERAIAN ORANG TUA (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Kerinci)

Submitted by admin on Fri, 02/23/2024 - 10:00
Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya rasa trauma dimasa kecil dan persepsi negatif terhadap pernikahan karena perceraian orang tua, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh perceraian orang tua dengan kesiapan wanita untuk menikah, mengungkap faktor kurangnya kesiapan wanita untuk menikah, serta mengungkap hubungan dari kesiapan wanita untuk menikah pasca perceraian orang tua mahasiswa jurusan PAI Institut Agama Islam Negeri Kerinci. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Penulis
Koleksi

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN BODY IMAGE SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 2 KERINCI

Submitted by admin on Fri, 02/23/2024 - 09:53
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang merasa tidak puas terhadap bentuk dan ukuran tubuhnya, tidak puas dengan penampilannya, malu jika muncul jerawat, merasa memiliki tinggi badan yang tidak ideal. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan body image yang negatif menjadi positif pada peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring dengan judul pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan body image siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kerinci tahun ajaran 2022/2023.
Penulis
Koleksi

EFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE DISKUSI DALAM MENGUBAH PERSEPSI SISIWA TENTANG DISIPLIN BELAJAR

Submitted by admin on Fri, 02/23/2024 - 09:41
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang melanggar peraturan disiplin belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui layanan informasi dengan metode diskusi sangat efektif dalam mengubah persepsi siswa tentang disiplin belajar di SMPN 1 Kerinci Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan berupa layanan informasi dengan metode diskusi dalam mengubah persepsi siswa tentang disiplin belajar di SMPN 1 Kerinci. Populasi yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII yang berjumlah 80 orang siswa.
Penulis
Koleksi

A SURFACE STRATEGY TAXONOMY - BASED ERROR ANALYSIS OF SENTENCE STRUCTURES IN UNDERGRADUATE THESIS ABSTRACTS : A STUDY AT THE ENGLISH DEPARTMENT OF STATE ISLAMIC INSTITUTE OF KERINCI ACADEMIC YEAR 2022/2023

Submitted by admin on Fri, 02/23/2024 - 09:29
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dibuat oleh mahasiswa berdasarkan Surface Strategy Taxonomy dalam abstrak skripsi di jurusan Tadris Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri Kerinci Tahun Akademik 2022/2023. Disamping itu, untuk menemukan penyebab terjadinya kesalahan. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa abstrak skripsi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa inggris. Penelitian ini merupakan penelitian multi-metode. Penelitian ini mengunakan wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data.
Penulis
Koleksi

PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP PENGETAHUAN SEKSUAL REMAJA DI DESA BUNGA TANJUNG KECAMATAN TANAH COGOK KABUPATEN KERINCI

Submitted by admin on Tue, 02/20/2024 - 13:01
Kata Kunci: Layanan Informasi, Pengetahuan Seksual Remaja Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak remaja kurang mengetahui tentang bahaya dari seks. Selain itu adanya diantara para remaja Desa Bunga Tanjung segi pakaian, sikap mengikuti trend fashion hanya untuk kesenangan dan kepuasan. Ada diantara remaja yang dalam pergaulan, mengikuti model serta trend anak muda sekarang, selanjutnya ada diantara para remaja Desa Bunga Tanjung yang bergonta ganti pasangan.
Koleksi

تحليل أخطاء المحادثة اللغة العربية لدى الطلاب معهد تحفيظ الكهفي جونونج توجوه كرنجي

Submitted by admin on Tue, 02/20/2024 - 08:36
تهدف هذه الدراسة إلى تحديد تحليل أخطاء الطلاب في المحادثة باللغة العربية، لمعرفة الأخطاء التي تحدث عند تحدث الطلاب باللغة العربية، والعوامل التي تدعمها وتعيقها وكيفية التغلب على أخطاء الطلاب في محادثة اللغة العربية في معهد تحفيظ الكهفي جونونج توجوه كرنجي. هذا البحث هو بحث نوعي يستخدم منهج البحث النوعي الوصي مع تركيز الدراسة مباشرة على الميدان (البحث الميداني). استخدمت تقنيات جمع البيانات في هذه الدراسة أساليب المقابلة والملاحظة والتوثيق. توضح نتائج هذه الدراسة أن : طلاب معهد تحفيظ الكهفي لم يفهموا من التواصل باللغة العربية بشكل جيد، لأنهم لم يتقنوا علم النهو والصرف.

INTERNALISASI NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM KURIKULUM SMKN 5 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Tue, 02/20/2024 - 08:31
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya nilai kewirausahaan yang merupakan kunci utama peserta didik dalam meniti karir di dunia wirausaha. Nilai kewirasuahaan merupakan beberapa jenis nilai yang dapat menjadikan peserta didik memiliki karakter yang baik. Adapun nilai yang ada pada kewirasahaan yaitu a) percaya diri, b) inovatif, c) kreatif, d) berani mengambil resiko, dan e) berjiwa pemimpin. Dengan memaknai nilai-nilai ini maka mereka dapat menjadi pribadi yang berguna dan bermanfaat tidak hanya bagi dirinya sendiri.
Penulis
Koleksi

UNSUR-UNSUR DAKWAH DALAM KURSUS CALON PENGANTIN DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN SETINJAU LAUT

Submitted by admin on Tue, 02/20/2024 - 08:25
Pernikahan bertujuan mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan dalam rumah tangga. Kehidupan rumah tangga tidak terlepas dari konflik yang berujung pada perceraian. Oleh karena itu untuk membangun kesadaran dalam upaya mewujudkan keluarga sakinah, dibutuhkan program bimbingan pranikah seperti yang dilaksanakan di Kursus calon pengantin di kantor urusan agama kec.setinjau laut.
Penulis
Koleksi

INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA MELALUI KEGIATAN KULTUM PAGI JUMAT DI SMK NEGERI 1 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Tue, 02/20/2024 - 08:20
Salah satu sekolah yang berusaha mengupayakan pembentukan karakter Islami siswa adalah SMK Negeri 1 Sungai Penuh untuk menginternalisasikan nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan karakter Islami siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan salah satunya kegiatan kultum pagi Jumat diharapkan dapat membentuk karakter Islami siswa.
Koleksi

PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN SELF EFFICACY TERHADAP KECEMASAN BERBICARA SISWA DI DEPAN KELAS (STUDI PADA SISWA SMP NEGERI 33 KERINCI)

Submitted by admin on Mon, 02/12/2024 - 13:02
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya indikasi siswa yang mengalami kecemasan berbicara di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) pengaruh kepercayaan diri terhadap kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa, 2) pengaruh self efficacy terhadap kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa, 3) pengaruh kepercayaan diri dan self efficacy terhadap kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa SMP Negeri 33 Kerinci. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional.
Penulis
Koleksi

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS SISWA

Submitted by admin on Mon, 02/12/2024 - 12:57
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari resiliensi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini dipilih berdasrkan hasil angket resiliensi matematis siswa yang mana subjek penelitian meliputi 6 siswa kelas VIII.B MTSN 2 Sungai Penuh, diantaranya 2 siswa yang resiliensi tinggi, 2 siswa yang resiliensi sedang dan 2 siswa yang resiliensi rendah.
Penulis
Koleksi

PENANAMAN NILAI - NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 9 KERINCI

Submitted by admin on Mon, 02/12/2024 - 12:52
Data dan fakta Menunjukkan banyaknya kasus intoleransi yang terjadi di lembaga pendidikan khususnya pada sekolah menengah di indonesia. Dengan demikian maka dibutuhkan solusi atau keniscayaan keberagaman yang menciptakan suasana keharmonisan dalam menjalankan kehidupan bernegara dan beragama dengan moderasi beragama.
Koleksi

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI DAERAH TERPENCIL (STUDI KASUS DI SDN 209/III MASGO JAYA)

Submitted by admin on Mon, 02/12/2024 - 11:37
Pemimpinan adalah individu yang memimpin dan kepemimpinan merupakan sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Dalam suatu kepemimpinan perlu adanya pendekatan yang disebut dengan gaya kepemimpinan, menurut Djoko Purwanto dalam Samsu, ”gaya kepemimpinan pada dasarnya merupakan suatu cara bagaimana seorang pemimpin mempengaruhi, mengarahkan, memotivasi, dan mengendalikan bawahannya dengan cara-cara tertentu, sehingga bawahan dapat menyelesaikan tugas pekerjaannya secara efektif dan efissien”. Fokus penelitian ini adalah pada Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah.
Koleksi