Data dan fakta Menunjukkan banyaknya kasus intoleransi yang terjadi di lembaga pendidikan khususnya pada sekolah menengah di indonesia. Dengan demikian maka dibutuhkan solusi atau keniscayaan keberagaman yang menciptakan suasana keharmonisan dalam menjalankan kehidupan bernegara dan beragama dengan moderasi beragama. Sekolah menjadi medan arena utama salam menenguhkan nilai-nilai tersebut adalah melalui Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan perencanaan penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 9 Kerinci, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 9 Kerinci, dan 3) Mendeskripsikan hasil penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 9 Kerinci. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan kualitatif dengan jenis studi lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 9 Kerinci yaitu koordinasi antara sekolah dengan stakeholder pendidikan, menentukan program sesuai kurikulum sekolah dan merumuskan materi untuk sosialisasi moderasi beragama ke seluruh warga sekolah, merumuskan perencanaan perangkat pembelajaran PAI (2) Pelaksanaan penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 9 Kerinci yaitu penanaman dan penguatan cara pandang, pola pikir, dan praktik moderasi beragama, pengembangan KI bermuatan moderasi beragama, penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada materi pembelajaran PAI, morning greetings, dan (3) Hasil penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 9 kerinci yaitu pemahaman dan sikap moderat.