Kata sopan santun dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai banyak arti antara lain, budi pekerti, tingkah laku, tutur kata yang baik berlaku baik pada orang yang lebih tua serta tertib menurut adat yang baik, dihargai sedangkan kata santun berartihalus,budi pekerti dan suka menolong jika dua kata ini digabung menjadi sopan santun sangat erat sekali hubungan dengan akhlak karna seseorang yang mempunya sopan santun sudah pasti mempunyai akhlak yang baik. Perilaku sopan mencerminkan perilaku diri sendiri, karena sopan memiliki arti hormat, takzim dan tertib menurut adat. Maka dari itu wajib kita lakukan setiap bertemu orang lain. Orang yang tidak sopan biasanya dijauhi orang lain kita sesama manusia mempunyai keinginan untuk di hargai, itu alasan mengapa kita harus senang sopan terhadap orang lain. Jenis peelitian digunakan adalah kuantitatif. Lokasi penelitian Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Kerinci. Objek dan Subjek Penelitian. Informan berjumlah keseluruhan yaitu 9 informan. Teknik Pengumpulan Data, observasi, Dokmentasi. Instrumen Penelitian.Teknik Analisis Data dan Uji Keabsahan Data. Hasil Penelitian Dari tingkat pemahaman karekter sopan santun siswa SMA Negeri 7 kerinci 1). Mengingkatanya karakter sopan santun siswa 2). Guru Bk dapat mengetahui Layanan Bimbingan kelompok dapat meningkatkan pemahaman karakter sopan santun siswa 3). Mengetahui bagai mana prilaku siswa sebelum dan setelah di berikan bimbingan kelompok.