EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DIKELAS XI IPA 2 SMAN 13 KERINCI

Submitted by admin on Wed, 02/07/2024 - 09:56
Deskripsi/Abstract
Pendidikan pada umumnya merupakan sarana bagi individu untuk mengembangkan dirinya secara optimal. Dalam mengoptimalkan pendidikan tersebut tentu model pembelajaran menjadi kunci sukses tidaknya pembelajaran tersebut. Model sangat berpengaruh besar dalam pengajaran,dengan model, nilai bisa baik atau buruk, dengan model pula pembelajaran bisa sukses atau gagal. Namun dalam pendidikan agama Islam terutama dala mata pelajaran Fiqih selama ini, metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajarannya masih menggunakan metode ceramah. Pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran tidak tersampaikan dengan baik kepada peserta didik.Olehkarenaitu peneliti inginmengetahui penerapan model pembelajaran cooperative script dan untuk mengetahui hasil yang diterapkannya model pembelajaran cooperative script. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kuasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan posttest. Teknik analisa data melalui analisa tahap awal yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji daya pembeda untuk analisa tahap akhir yaitu uji normalitas, uji homogenitas , uji daya pembeda dan uji regresi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanan efektivitas model cooperative script terhadap hasil belajar iswa dan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas ekperimen dan hasil belajar PAI siswa kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai pretest kelas eksperimen dan kontrol hampir sama. nilai tertinggi posttest kontrol berjumlah 85, nilai terendah 55 sedangkan Mean 66, Median 65, Modus 60 dan Standar Deviasi 8,61. Selanjutnya nilai tertinggi posttest Eksperimen 95, nilai terendah 65 sedangkan Mean 79, Median 75, Modus 70 dan Standar Deviasi 8,62.kelompok eksperimen dan kontrol thitung0,290) maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan pengujian hipotesis uji-t nilai posttest terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar PAI siswa.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi