PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN SELF EFFICACY TERHADAP KECEMASAN BERBICARA SISWA DI DEPAN KELAS (STUDI PADA SISWA SMP NEGERI 33 KERINCI)

Submitted by admin on Mon, 02/12/2024 - 13:02
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya indikasi siswa yang mengalami kecemasan berbicara di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) pengaruh kepercayaan diri terhadap kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa, 2) pengaruh self efficacy terhadap kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa, 3) pengaruh kepercayaan diri dan self efficacy terhadap kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa SMP Negeri 33 Kerinci. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 33 Kerinci kelas 7,8, dan 9 dengan jumlah sebanyak 71 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik total sampling dan didapatkan jumlah laki-laki sebanyak 33 dan 38 perempuan. Instrumen yang digunakan didalam penelitian ini yaitu skala kepercayaan diri, self efficacy dan kecemasan berbicara yang telah divalidasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap kecemasan berbicara siswa di depan kelas SMPN 33 Kerinci, 2) terdapat pengaruh self efficacy terhadap kecemsan berbicara siswa di depan kelas SMPN 33 Kerinci, 3) terdapat pengaruh kepercayaan diri dan self efficacy secara simultan terhadap kecemasan berbicara siswa di depan kelas SMPN 33 Kerinci.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis