Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya indikasi siswa yang
mengalami kecemasan berbicara di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk
mengungkapkan: 1) pengaruh kepercayaan diri terhadap kecemasan berbicara di
depan kelas pada siswa, 2) pengaruh self efficacy terhadap kecemasan berbicara
di depan kelas pada siswa, 3) pengaruh kepercayaan diri dan self efficacy
terhadap kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa SMP Negeri 33
Kerinci.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
korelasional. Populasi penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 33 Kerinci kelas
7,8, dan 9 dengan jumlah sebanyak 71 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini yaitu menggunakan teknik total sampling dan didapatkan jumlah
laki-laki sebanyak 33 dan 38 perempuan. Instrumen yang digunakan didalam
penelitian ini yaitu skala kepercayaan diri, self efficacy dan kecemasan berbicara
yang telah divalidasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh
kepercayaan diri terhadap kecemasan berbicara siswa di depan kelas SMPN 33
Kerinci, 2) terdapat pengaruh self efficacy terhadap kecemsan berbicara siswa di
depan kelas SMPN 33 Kerinci, 3) terdapat pengaruh kepercayaan diri dan self
efficacy secara simultan terhadap kecemasan berbicara siswa di depan kelas
SMPN 33 Kerinci.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.