Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan perilaku bullying tampaknya kontrol diri siswa menjadi salah satu faktor terjadinya perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap perilaku bullying siswa SMK Negeri 1 Sungai Penuh.
Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 243, dengan pemilihan sampel menggunakan rumus Slovin, maka didapatkan sampel sebanyak 70 siswa. Pengumpulan data yang digunakan merupakan skala yang disebarkan kepada 70 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan regresi linear sederhana dimana penelitian ini menguji pengaruh antar variabel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis diketahui nilai signifikansi sebesar 0,047 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis Hₐ diterima dan Hₒ ditolak yang berarti variabel kontrol diri (X) berpengaruh terhadap variabel perilaku bullying (Y). Dengan nilai koefisien regresi X sebesar -0,480, menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai kontrol diri, maka nilai perilaku bullying bertambah sebesar -0,480. Koefisien regresi tersebut bernilai negatif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel kontrol diri (X) terhadap variabel perilaku bullying (Y) adalah negatif. Peneliti selanjutnya dapat meneliti faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku bullying selain kontrol diri.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.