PENALARAN KUANTITATIF (QUANTITATIVE REASONING) DALAM SOAL-SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 27 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 02/29/2024 - 09:34
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran siswa hal ini dikuatkan berdasarkan hasil PISA khususnya dalam study quantity yang menduduki peringkat ke-63. Selanjutnya untuk itu fokus penelitian ini adalah: Bagaimana penalaran kuantitatif (quantitative reasoning) dalam soal-soal pemecahan masalah matematika siswa SMPN 27 Kerinci dalam materi aljabar? Untuk itu penelitian ini memiliki tujuan : Mengetahui bentuk penalaran kuantitatif (quantitatif reasioning) dalam soal pemecahan masalah matematika siswa di SMP 27 Kerinci dalam memecahan masalah matematika materi aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskripstif dengan cara melakukan tes tulis penelaran kuantitatif pada siswa, selanjutnya dipilih 2 subjek dengan nilai tertinggi dan 2 subjek nilai terendah untuk dilakukan wawancara sesuai yang dituliskan dalam lembar jawaban. Hal ini dilakukan agar data yang diterima bisa sesuai dengan kenyataan dilapangan. Hasil penelitian ini adalah siswa mampu memenuhi semua indikator penalaran kuantitatif yaitu: (1) Menentukan dan menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, (2) Menginterpretasikan informasi yang diberikan dalam dalam bentuk deskriptif atau gambar, (3) Memecahkan masalah menggunakan metode yang dipilih, (4) Merefleksikan dan memeriksa langkah-langkah yang telah diambil dan membuat perbaikan pada kesalahan yang dilakukan, (5) Menjelaskan hubungan yang terbentuk antara informasi kuantitatif dalam pemecahan masalah.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis