Berdasarkan observasi pra penelitian yang telah dilakukan pada siswa Di SMAN 5 Kota Sungai Penuh Pembelajaran saat ini mengacu pada kurikulum 2013 hasil revisi. Secara umum kurikulum ini menekankan bahwa pembelajaran yang berlangsung di kelas berpusat kepada siswa dan peran guru hanyalah sebagai fasilitator. Namun terkadang juga menerapkan situasi diskusi kelompok pada proses pembelajaran, tetapi diskusi yang terjadi tidak melibatkan seluruh anggota kelompok. Hal ini terlihat dari keaktifan seluruh anggota kelompok yang masih kurang. Oleh karena itu, pengetahuan yang diperoleh siswa belum maksimal, sehingga hasil belajar yang diperoleh juga tidak maksimal. Proses pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika pada sekolah tersebut yaitu dalam proses belajar mengajar menggunakan metode ceramah dan peserta didik memiliki Lembar kerja yang membantu dalam memahami materi yang diajarkan. Selain itu, peserta didik juga bisa meminjam buku paket pelajaran di perpustakaan sebagai penunjang dalam memahami lebih jauh terkait materi yang diajarkan oleh guru. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotetis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1. Kemampuan berpikir kritis siswa sebelum belajar dengan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) memperoleh nilai rata- rata tes sebesar 36,66 (Rendah). 2. Kemampuan berpikir kritis siswa sesudah belajar dengan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) memperoleh nilai rata- rata tes sebesar 59,16 (Tinggi). 3. Terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa
wDeskripsi/Abstract
Koleksi
Subject
Files
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.