ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Submitted by admin on Thu, 02/29/2024 - 10:22
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana deskripsi Higher Order Thinking Skill siswa dalam menyelesaikan soal Open Ended pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dirancang untuk mengetahui deskripsi Higher Order Thinking Skill siswa dalam menyelesaikan soal Open Ended pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Subjek yang dipilih pada penelitian ini berjumlah 3 siswa, yang dibagi menjadi tiga kelompok yaitu 1 siswa dari kelompok siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa dari kelompok berkemampuan sedang dan 1 siswa dari kelompok berkemampuan rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa HOTS siswa yang berkemampuan tinggi dapat menyelesaikan soal open ended pada tingkat kognitif menganalisis (analyze), mengevaluasi (evaluate) dan mencipta (create). HOTS siswa yang berkemampuan sedang dapat menyelesaikan soal open pada tingkat kognitif menganalisis (analyze), dan mengevaluasi (evaluate) saja, sedangkan untuk soal open ended pada tingkat mencipta (create) siswa belum mampu menyelesaikannya. HOTS siswa yang berkemampuan rendah hanya mampu menyelesaikan soal open ended pada tingkat kognitif menganalisis (analyze) saja, sedangkan untuk soal open ended pada tingkat kognitif mengevaluasi (evaluate) dan mencipta (create) siswa belum mampu menyelesaikannya.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi