PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP

Submitted by admin on Wed, 06/12/2024 - 09:40
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Produk yang dikembangkan yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektifitas LKPD berbasis mind mapping di SMP Negeri 34 Kerinci kelas VII. Uji coba yang digunakan dalam penelitian uji coba kelompok kecil yaitu kelas VII B yang berjumlah 7 orang, dan penerapan LKPD dilakukan pada kelas VII A yang berjumlah 30 orang. Hasil persentase tahap validitas materi yaitu 99% dengan kategori sangat valid, persentase validitas media yaitu 99% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil praktikalitas peserta didik mencapai 86% dengan kategori sangat praktis, persentase praktikalitas guru yaitu 87% dengan kategori sangat praktis, pada tahap efektifitas mencapai 81%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis mind mapping pada materi bilangan pecahan kelas VII SMP Negeri 34 Kerinci dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi