Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan pada tanggal 02 November 2020 di SMP Negeri 5 Sungai Penuh, pada kegiatan pembelajaran matematika di kelas VIII ditemukan beberapa siswa mendapat kesulitan seperti: dalam menyelesaikan materi bangun ruang, terutama pada saat diberikan soal yang berbeda dari contoh yang telah dijelaskan oleh guru mata pelajaran siswa tidak bisa menyelesaikannya, beberapa siswa mendapat kesulitan menggambar bentuk bangun ruang sisi datar, beberapa siswa juga kesulitan mengaplikasikan rumus bangun ruang sisi datar, berdasarkan hasil indentifikasi masalah tersebut maka sangat perlu dilakukan analisa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP N 5 Sungai Penuh.. Penelitian ini berutujuan untuk meneliti, kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 5 Sungai Penuh. Metode penelitian yang digunakan dalalm penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 5 Sungai Penuh yang berjumlah 194 Orang siswa, sampel penelitian ditentukan dengan teknik acak (random sampling), jumlah sampel ditentukan dengan teknik slovin, dan diperoleh sampel sebanyak 17 siswa. Data penelitian ini dikumpul dengan test yang telah di validasi dan di uji reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kamampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 5 Sungai penuh adalah 35,29 dengan kriteria rendah. Selanjutnya jika dirinci Total Capaian Responden (TCR) siswa adalah sebanyak 5 orang siswa atau sebanyak 29,4% siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis dengan kriteria sangat rendah. Sebanyak 3 oranga atau sebanyak 17,6% siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis dengan kriteria rendah, sebanyak 3 orang siswa atau 17,6% siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis dengan kriteria sedang, sebanyak 4 orang siswa atau 23.5% siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis dengan kriteria tinggi, sebanyak 1 orang siswa atau 5,9% siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis dengan kriteria sangat tinggi. Jika dilihat berdasarkan indikator komunikasi matematis maka pada indikator pertama (TCR) sebesar 8,24; Indikator kedua (TCR) sebesar 12,94, Indikator ketiga (TCR) sebesar 4,71; Indikator keempat (TCR) sebesar 5,88, dan indikator kelima (TCR) sebesar 3,53, semua skor tersebuk termasuk dalam kriteria sangat rendah namun jika diakumulasikan maka rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa adalah 35,29 dengan kriteria rendah.