Deskripsi/Abstract
Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan pada tanggal 02 November
2020 di SMP Negeri 5 Sungai Penuh, pada kegiatan pembelajaran matematika di
kelas VIII ditemukan beberapa siswa mendapat kesulitan seperti: dalam
menyelesaikan materi bangun ruang, terutama pada saat diberikan soal yang
berbeda dari contoh yang telah dijelaskan oleh guru mata pelajaran siswa tidak
bisa menyelesaikannya, beberapa siswa mendapat kesulitan menggambar bentuk
bangun ruang sisi datar, beberapa siswa juga kesulitan mengaplikasikan rumus
bangun ruang sisi datar, berdasarkan hasil indentifikasi masalah tersebut maka
sangat perlu dilakukan analisa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa
SMP N 5 Sungai Penuh.. Penelitian ini berutujuan untuk meneliti, kemampuan
komunikasi matematis siswa SMP Negeri 5 Sungai Penuh.
Metode penelitian yang digunakan dalalm penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif kuantitiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa SMP Negeri 5 Sungai Penuh yang berjumlah 194 Orang siswa, sampel
penelitian ditentukan dengan teknik acak (random sampling), jumlah sampel
ditentukan dengan teknik slovin, dan diperoleh sampel sebanyak 17 siswa. Data
penelitian ini dikumpul dengan test yang telah di validasi dan di uji
reliabilitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kamampuan komunikasi
matematis siswa SMP Negeri 5 Sungai penuh adalah 35,29 dengan kriteria
rendah. Selanjutnya jika dirinci Total Capaian Responden (TCR) siswa adalah
sebanyak 5 orang siswa atau sebanyak 29,4% siswa memiliki kemampuan
komunikasi matematis dengan kriteria sangat rendah. Sebanyak 3 oranga atau
sebanyak 17,6% siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis dengan
kriteria rendah, sebanyak 3 orang siswa atau 17,6% siswa memiliki kemampuan
komunikasi matematis dengan kriteria sedang, sebanyak 4 orang siswa atau
23.5% siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis dengan kriteria tinggi,
sebanyak 1 orang siswa atau 5,9% siswa memiliki kemampuan komunikasi
matematis dengan kriteria sangat tinggi. Jika dilihat berdasarkan indikator
komunikasi matematis maka pada indikator pertama (TCR) sebesar 8,24;
Indikator kedua (TCR) sebesar 12,94, Indikator ketiga (TCR) sebesar 4,71;
Indikator keempat (TCR) sebesar 5,88, dan indikator kelima (TCR) sebesar 3,53,
semua skor tersebuk termasuk dalam kriteria sangat rendah namun jika
diakumulasikan maka rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa adalah
35,29 dengan kriteria rendah.
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI MEZA REVISI WATERMARK.pdf
Downloaded 1 time
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.