Deskripsi/Abstract
Dalam peranan matematika salah satu usaha yang harus dilakukan
seseorang guru adalah membuat dan mengembangkan sesuatu hal yang baru
seperti halnya dalam mengembangkan media. Mengingat pentingnya peranan
media dalam proses pembelajaran matematika seharusnya menggunakan alat
media pembelajaran yang menarik dan berinovasi. Berdasarkan penelitian di
MAN 1 Kota Sungai Penuh bahwasanya siswa hanya menggunakan LKS dan
tidak menggunakan media pembelajaran saat proses pembelajaran
berlangsung. Materi yang diajarkan tidak dikaitkan dengan lingkungan sekitar
untuk itu peneliti menggunakan proses pembelajaran menggunakan metode
yang berbasis etnomatika dan budaya lingkungannya adalah anyaman.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Media
Pembelajaran Flipchart Berbasis Etnomatika yang sangat valid dan sangat
praktis dalam membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Metode
penelitian yang digunakan adalah Research Development (R & D). Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE
yang mempunyai 5 langkah yaitu Analisis (Analysis) dilakukan analisis
kebutuhan, analisis materi dan analisis lingkungan. Perancangan (Design)
dilakukan desain perancangan media pembelajaran flipchart. Pengembangan
(Develoment) dilakukan tahap validasi materi dan validasi media pembelajaran
flipchart. Implementasi (Implementation) dilakukan uji lapangan awal yang
melibatkan siswa di kelas XI Mia2 MAN 1 Kota Sungai Penuh dan uji lapangan
kecil. Evaluasi (Evaluation) pada tahap ini bisa dikatakan tahap akhir dalam
penelitian ini untuk menghasilkan Media Pembelajaran Flipchart Berbasis
Etnomatika. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen validitas
dan instrumen praktikalitas.
Hasil analisis terhadap lembar validasi materi adalah sangat valid
dengan rata-rata indeks kevalidan 0,85. Hasil validasi media pembelajaran
pada materi barisan dan deret menunjukkan bahwa produk media pembelajaran
flipchart berbasis etnomatika yang dikembangkan adalah dengan rata-rata
indeks kevalidan 0,93 yaitu sangat valid. Produk media pembelajaran flipchart
berbasis etnomatika juga sangat praktis digunakan yang dilihat dari hasil
analisis angket respon guru dengan rata-rata indeks 90% dan angket respon
siswa dengan rata-rata indeks 89% .
Koleksi
Subject
Files
FIRDA ANGRAINI (1610205043).pdf
Downloaded 1 time
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.