PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART BERBASIS ETNOMATIKA

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 11:11
Deskripsi/Abstract
Dalam peranan matematika salah satu usaha yang harus dilakukan seseorang guru adalah membuat dan mengembangkan sesuatu hal yang baru seperti halnya dalam mengembangkan media. Mengingat pentingnya peranan media dalam proses pembelajaran matematika seharusnya menggunakan alat media pembelajaran yang menarik dan berinovasi. Berdasarkan penelitian di MAN 1 Kota Sungai Penuh bahwasanya siswa hanya menggunakan LKS dan tidak menggunakan media pembelajaran saat proses pembelajaran berlangsung. Materi yang diajarkan tidak dikaitkan dengan lingkungan sekitar untuk itu peneliti menggunakan proses pembelajaran menggunakan metode yang berbasis etnomatika dan budaya lingkungannya adalah anyaman. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Media Pembelajaran Flipchart Berbasis Etnomatika yang sangat valid dan sangat praktis dalam membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research Development (R & D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang mempunyai 5 langkah yaitu Analisis (Analysis) dilakukan analisis kebutuhan, analisis materi dan analisis lingkungan. Perancangan (Design) dilakukan desain perancangan media pembelajaran flipchart. Pengembangan (Develoment) dilakukan tahap validasi materi dan validasi media pembelajaran flipchart. Implementasi (Implementation) dilakukan uji lapangan awal yang melibatkan siswa di kelas XI Mia2 MAN 1 Kota Sungai Penuh dan uji lapangan kecil. Evaluasi (Evaluation) pada tahap ini bisa dikatakan tahap akhir dalam penelitian ini untuk menghasilkan Media Pembelajaran Flipchart Berbasis Etnomatika. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen validitas dan instrumen praktikalitas. Hasil analisis terhadap lembar validasi materi adalah sangat valid dengan rata-rata indeks kevalidan 0,85. Hasil validasi media pembelajaran pada materi barisan dan deret menunjukkan bahwa produk media pembelajaran flipchart berbasis etnomatika yang dikembangkan adalah dengan rata-rata indeks kevalidan 0,93 yaitu sangat valid. Produk media pembelajaran flipchart berbasis etnomatika juga sangat praktis digunakan yang dilihat dari hasil analisis angket respon guru dengan rata-rata indeks 90% dan angket respon siswa dengan rata-rata indeks 89% .
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis