PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP

Submitted by admin on Thu, 01/25/2024 - 13:34
Deskripsi/Abstract
Kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa ialah dua aspek penting yang harus dicapai melalui pembelajaran matematika. Dalam kegiatan observasi yang dilakukan terlihat bahwa siswa masih kurang aktif dalam pelaksanaan pembelajaran ketika diberikan soal tes banyak siswa yang tidak bisa mengerjakannya sehingga aktivitas belajar di sekolah masih belum optimal untuk meningkatkan kedua aspek tersebut. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dan rancangan penelitian Static Group Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 9 Sungai Penuh tahun ajaran 2021/2022 . Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Kelas VIII A terpilih sebagai kelas eksperimen serta Kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahkan masalah matematika siswa yang belajar dengan pendekatan CTL lebih baik dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Kemudian, disposisi matematis siswa yang belajar dengan Pendekatan CTL juga lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.
Koleksi
Subject
Files
oni.pdf0 bytes
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis