ABSTRAK TRISA AMELIA NIM 10.971.15 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) DILENGKAPI DENGAN MND MAP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam mata pelajaran matematika masih rendah serta prosedur pembelajaran yang masih monoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Pemahaman konsep Matematis siswa dengan menerapkan Model Pembelaran kooperatif tipe Structured Dyadic Methods ( SDM) dilengkapi dengan mind map. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitian menggunakan One Group Preetest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsS Nurul Haq Semurup. Sampel penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol berjumlah 50 siswa yang diberikan pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukan bahwa pada kelas eksperimen N-Gain 0,6 dan pada kelas kontrol N-Gain 0,3 dengan interperensi sedang dan terbukti bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen pada tes Akhir (Postest) lebih tinggi dari kemampuan pemahaman konsep matematis pada kelas kontrol. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan model Structured Dyadic Method(SDM) lebih aktif belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa lebih baik dari kemampuan siswa yang tidak menggunakan model Pembelajaran Structured Dyadic Method(SDM)sehingga penelitian ini dapat menjadi bahan masukan bagi guru Matematika dan guru mata pelajaran lain untuk dapat menerapkan model Pembelajaran Structured Dyadic Method (SDM) dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci : pemahamankonsep, Structured Dyadic Methods,Mind Map