Deskripsi/Abstract
ABSTRAK
TRISA AMELIA NIM 10.971.15
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED
DYADIC METHODS (SDM) DILENGKAPI DENGAN MND MAP UNTUK
MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam mata pelajaran
matematika masih rendah serta prosedur pembelajaran yang masih monoton.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan
Pemahaman konsep Matematis siswa dengan menerapkan Model Pembelaran
kooperatif tipe Structured Dyadic Methods ( SDM) dilengkapi dengan mind map.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitian
menggunakan One Group Preetest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII MTsS Nurul Haq Semurup. Sampel penelitian ini adalah
dua kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai
kelas kontrol berjumlah 50 siswa yang diberikan pretest dan posttest. Hasil analisis
data menunjukan bahwa pada kelas eksperimen N-Gain 0,6 dan pada kelas kontrol
N-Gain 0,3 dengan interperensi sedang dan terbukti bahwa kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen pada tes Akhir (Postest)
lebih tinggi dari kemampuan pemahaman konsep matematis pada kelas kontrol.
Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan model
Structured Dyadic Method(SDM) lebih aktif belajar dan kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa lebih baik dari kemampuan siswa yang tidak
menggunakan model Pembelajaran Structured Dyadic Method(SDM)sehingga
penelitian ini dapat menjadi bahan masukan bagi guru Matematika dan guru mata
pelajaran lain untuk dapat menerapkan model Pembelajaran Structured Dyadic
Method (SDM) dalam proses belajar mengajar.
Kata Kunci : pemahamankonsep, Structured Dyadic Methods,Mind Map
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.