Berdasarkan surat edaran mentri pendidikan dan kebudayaan nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam masa darurat penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) menyebabkan sistem belajar mengajar nasional yang semula konvensional berubah menjadi berbasis media atau disebut dengan daring/E-Learning. Oleh karena itu, penerapan media yang digunakan dalam proses pembelajaran daring merupakan kunci utama yang sehingga pemahaman akan materi tersampaikan kepada siswa yang berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media yang efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat efektifitas penerapan media pembelajaran menggunakan Aplikasi media virtual (YouTube, Zoom, Google Classroom) dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa selama pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian mix methode, dengan populasi yang diambil adalah siswa kelas VIIIC Sekolah Menegah Pertama Negeri 3 Kota Sungai Penuh, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik Total Sampling. Penelitian dilakukan melalui tes dan wawancara angket. Pengolahan data tes akhir dilakukan dengan cara teknik uji One Way Anova, dengan hasil akhir menunjukkan terdapat efektifitas penerapan media pembelajaran menggunakan aplikasi virtual dan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa dengan urutan media yang paling efektif adalah Zoom, YouTube, dan GoogleClassroom.