KEJENUHAN AKADEMIK PADA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA KARTU INDONESIA PINTAR-KULIAH (KIP K) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KERINCI

Submitted by admin on Thu, 02/29/2024 - 08:55
Deskripsi/Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Kejenuhan Akademik pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Institut Agama Islam Negeri Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan satu variabel yaitu kejenuhan akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif berdasarkan permasalahan yang diteliti. Sebagai generalisasi, populasi adalah sekelompok benda atau orang dengan kuantitas atau karakteristik tertentu yang dipilih peneliti untuk diselidiki dan ditarik kesimpulannya. Data penelitian dikumpulkan dari seluruh populasi. Hasilnya, partisipan dalam penelitian ini adalah 100 orang mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kerinci yang telah mendapatkan Beasiswa Indonesia Pintar Kuliah (KIP K). Berdasarkan paparan hasil Penelitian Diatas, dapat diketahui bahwasanya dari 100 mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP K) dari 100 mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP K) terdapat 3 mahasiswa mengalami kejenuhan akademik dengan kategori sangat tinggi(3%), terdapat 9 mahasiswa dengan kategori tinggi (9%), 78 mahasiswa dengan kategori mengalami kejenuhan akademik sedang (78%), 7 mahasiswa dengan kategori rendah (7%), 3 mahasiswa yang mengalami kejenuhan akademik sangat rendah (3%). Dari Hasil Tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kejenuhan akademik yang dialami penerima Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP K) IAIN kerinci dalam Kategori sedang, dengan mencapai skor 78%. Implikasi Penelitian yang dilakukan ini dapat memberikan konstribusi keilmuan atau mengembangkan secara teoritis baik berupa konsep-konsep, prinsip-prinsip, dalil-dalil atau hukum-hukum berkaitan dengan Bimbingan dan Konseling.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis