PENGUATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB BELAJAR PADA SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 24 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 09:54
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang kurang tanggungjawab serta tidak mau menerima konsekuensi dari tindakannya berani menanggung konsekuensi. Tujuan penelitian ini untuk penguatan karakter tanggung jawab belajar pada siswa melalui layanan bimbingan kelompok di Sekolah Menengah Pertama Negeri 24 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dalam penguatan karakter tanggung jawab belajar pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 24 Kerinci. Populasi yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII, VIII dan IX yang berjumlah 80 orang siswa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel siswa Kelas VIII, yang berjumlah 10 orang. Skala yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan rumus kategorisasi dan uji hipotesis digunakan untuk instrument kedisiplinan siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter tanggung jawab sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok pada kategori sangat rendah. Karakter tanggung jawab setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada kategori sangat tinggi. Layanan bimbingan kelompok sangat efektif untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa SMPN 24 Kerinci.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis