Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang kurang
tanggungjawab serta tidak mau menerima konsekuensi dari tindakannya berani
menanggung konsekuensi. Tujuan penelitian ini untuk penguatan karakter
tanggung jawab belajar pada siswa melalui layanan bimbingan kelompok di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 24 Kerinci.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan
berupa layanan bimbingan kelompok dalam penguatan karakter tanggung
jawab belajar pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 24 Kerinci.
Populasi yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII,
VIII dan IX yang berjumlah 80 orang siswa. Pada penelitian ini peneliti
menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel siswa Kelas
VIII, yang berjumlah 10 orang. Skala yang digunakan adalah angket. Analisis
data menggunakan rumus kategorisasi dan uji hipotesis digunakan untuk
instrument kedisiplinan siswa.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter tanggung jawab
sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok pada kategori sangat rendah.
Karakter tanggung jawab setelah diberikan layanan bimbingan kelompok
pada kategori sangat tinggi. Layanan bimbingan kelompok sangat efektif untuk
meningkatkan karakter tanggung jawab siswa SMPN 24 Kerinci.
Slot Demo
Slot Gacor
Slot Online
Slot Demo
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.