Deskripsi/Abstract
Kompetensi yang dimiliki oleh guru BK SMA Negeri 1 Kerinci dalam
memberikan layanan pada siswa terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi
kepribadaian, kompetensi sosial dan kompetensi Profesional tujuan penelitian
adalah mengetahui kompetensi guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1
Kerinci, mengetahui guru bimbingan dan konseling mengembangkan kompetensi
di SMA Negeri 1 Kerinci dan mengetahui hambatan-hambatan dalam kompetensi
guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Kerinci.
Jenis Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Lokasi
penelitian di SMA Negeri 1 Kerinci. Subjek Penelitian terdiri dari Sumber Primer
dan Sumber Sekunder. Informan penelitian mencakup Kepala Sekolah, waka
kurikulum, guru BK, guru kelas dan siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari
observasi, wawancara, dokmentasi. Teknik Analisis Data yakni dari Pengumpulan
data Data Reduction (reduksi data), Data Display (penyajian data), Conclusion
Drawing/verification (Penarikan Kesimpulan). Uji keabsahan data yakni
Triangulasi sumber, Triangulasi metode dan Triangulasi waktu.
Hasil Penelitian Menunjukan bahwa Kompetensi Guru Bimbingan Dan
Konseling di SMA Negeri 1 Kerinci terdiri dari Kompetensi Pedagogik pada
kedisiplinan dan ekstrakurikuler, kompetensi Kepribadian guru BK di SMA
Negeri 1 Kerinci berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhu. Kompetensi Sosial
guru BK SMA Negeri 1 Kerinci yakni melaksanakan kerjasama dengan dengan
guru mata pelajaran, wali kelas, kesiswaan, guru ekstrakurikuler dan kepala
sekolah. Kompetensi Profesional guru BK di SMA negeri 1 Kerinci yakni kondisi,
kebutuhan masalah peserta didik dengan merancang program bimbingan
konseling dengan baik. Guru bimbingan dan konseling mengembangkan
kompetensi yakni membuat Program BK dituangkan dalam perencanaan program
yang telah disusun melalui tahap identifikasi kebutuhan. Mengikuti Pelatihan
dilakukan baik pelatihan dalam daerah maupun di luar daerah bertujuan untuk
meningkatkan keterampilan guru BK dalam mengelola layanan BK yang lebih
maksimal. Hambatan-hambatan kompetensi guru BK dalam memberikan layanan
yakni adanya keterbatasan waktu, yang sedikitnya guru BK memiliki waktu
sedikit dalam emberikan layanan. Sarana dan Prasarana kurang memadai dalam
memberikan layanan bimbingan, dan hambatan pada peserta Didik, masih belum
memiliki kesadaran untuk memiliki kepribadian yang baik seperti siswa yang
tidak mau sekolah.
Koleksi
Subject
Files
skripsi ZAINUDDIN.pdf1.87 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.