Deskripsi/Abstract
Kata Kunci : Coping Stress, Bullying Verbal.
Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa yang mengalami bullying
verbal di sekolah X, yang mana dapat berpengaruh negatif bagi anak itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) bentuk-bentuk bullying verbal yang
di alami oleh siswa. 2) strategi coping stress yang digunakan oleh siswa ketika
mengalami bullying verbal. 3) faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan
strategi coping stress siswa korban bullying verbal.
Metode yang digunakan di dalam peneltian ini yaitu penelitian kualitatif
fenomenologis yang mana menguraikan data berdasarkan data yang ada dan
penelitian ini dilakukan di salah satu Sekolah X yang berada di Kabupaten Kerinci.
Subjek penelitian yaitu 5 (lima) orang informan yang merupakan siswa yang
menjadi korban dari bullying verbal dan informan tambahan yaitu guru Bimbingan
dan Konseling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik
wawancara dengan menggunakan instrumen penelitian yang telah di validasi.
Dengan analisis keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi yang diantaranya
yaitu Triangulasi Sumber dan metode.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bullying verbal yang di alami
oleh informan NAP dan FH berbentuk pengasingan, cemoohan dan juga hinaan,
sedangkan yang dialami oleh informan VAD, KFE, dan KA yaitu berupa gangguan,
kata-kata yang tidak disukai oleh informan dan juga julukan nama untuk menghina
fisik informan 2) Informan NAP dan FH lebih berfokus pada pengendalian diri
(self control), penerimaan dan pemahaman terhadap masalah yg di hadapi
(acceptance) yang mana termasuk ke dalam emotional focused coping. Informan
VAD lebih fokus untuk penyelsaian masalah secara cepat dan tidak ragu untuk
mengambil resiko (confrontative coping) karena menurutnya dia mempunyai
banyak teman yang siap membantu dan membela (seeking social support).
Informan KFE lebih fokus pada self control untuk menahan diri (emotional focused
coping). dan informan KA lebih memilih untuk berusaha mengubah keadaan yang
di anggap menekan dengan cara yang agresif (confrontative coping) juga mencari
dukungan dan perhatian dari teman-temannnya. 3) Faktor keyakinan atau
pandangan yang positif dan faktor dukungan sosial sangat berpengaruh terhadap
strategi coping yang digunakan oleh kelima informan. Sehingga dari hasil
penelitian ini, peneliti berharap untuk peneliti selanjutnya bisa menambah wawasan
tentang Coping Stress serta mengembangkan pembahasan mengenai Coping Stress
pada siswa yang menjadi korban Bullying Verbal.
Slot Demo
Slot Gacor
Slot Online
Slot Demo
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.