HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI MTsN 1 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Thu, 06/13/2024 - 14:47
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dan kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa di MTsN 1 Sungai Penuh, secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitaf. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini kuisioner. Adapun teknik analisis data yang digukan dalam peneilitian ini yakni uji Regresi Linier Berganda dan uji Korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui: 1) Pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal siswa di MTsN 1 Sungai Penuh, dengan nilai koefisien Korelasi Pearson Product Moment rhitung > rtabel yaitu 0,441 > 0,266 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05; 2) Pada hipotesis kedua menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa di MTsN 1 Sungai Penuh, dengan nilai koefisien Korelasi Pearson Product Moment rhitung > rtabel yaitu 0,655 > 0,266 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05; dan 3) Pada hipotesis ketiga menunjukkan bahwa dari hasil Analisis Regresi Berganda dimana semakin tinggi skor konsep diri dan kepercayaan diri yang dimiliki siswa MTsN 1 Sungai Penuh, maka semakin tinggi pula skor komunikasi interpersonal siswa. Selain itu, dari nilai R yakni sebesar 0,741 dan F senilai 34,080 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa MTsN 1 Sungai Penuh.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi