PERAN KONDISI SOSIO-EKONOMI KELUARGA TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA DI SMP NEGERI 4 SUNGAIPENUH PADA TAHUN AJARAN 2020-2021

Submitted by admin on Thu, 02/01/2024 - 11:32
Deskripsi/Abstract
Orang tua memegang peranan yang cukup siginifikan terhadap pemilihan karir anak mereka beranjak dewasa, baik secara langsung maupun tidak langsung, karena anak yang mengalami permasalahan dalam merencanakan karirnya sangat membutuhkan dukungan orang tua. Dukungan yang diberikan orang tua di SMP Negeri 4 Sungaipenuh dalam perencanaan karir anak masih kurang. Orang tua hanya menyerahkan keputusan tentang karir kepada anaknya saja. Selain itu orang tua juga sibuk dengan pekerjaannya dan hanya memfasilitasi anak dengan android untuk belajar dan mencari informasi mengenai karir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kondisi sosio-ekonomi keluarga, 2) perencanaan karir, 3) peran kondisi sosio-ekonomi keluarga terhadap perencanaan karir siswa.Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian yaitu : Guru BK, Siswa, orang tua siswa SMP Negeri 4 Sungaipenuh.. Data dikumpulkan melalui wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, kesimpulan data dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Siswa melanjutkan pendidikan bergantung dengan keadaan kondisi sosio-ekonomi keluarga, 2) Perencanaan karir siswa sesuai dengan bakat dan minatnya, 3) Kondisi sosio-ekonomi keluarga sangat mempengaruhi perencanaan karir siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat disampaikan yaitu hendaknya Guru BK lebih bervariatif dan meningkatkan frekuensi pemberian layanan informasi karir untuk membantu siswa dalam membuat perencanaan karir secara tepat. Selain itu, bagi sekolah untuk memfasilitasi Guru BK yang bertugas agar memperdalam dan mengembangkan layanan Bimbingan dan Konseling khususnya layanan informasi karir.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis